Waspada Terhadap Bahaya Asam  Lambung

0
250

Bagi Anda yang terbiasa makan makanan pedas, berminyak, terlalu asam, atau bahkan sering terlambat makan, bahaya asam lambung bisa mengintai Anda. Apabila penyakit asam lambung sudah menimpa Anda, maka segera obati, sebelum penyakit ini menjadi lebih parah.

Gangguan pada lambung yaitu meningkatnya produksi asam lambung atau yang lebih dikenal dengan penyakit maag. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disepelekan. Meski terkesan penyakit ringan, tetapi jika penderita penyakit asam lambung ini terlalu sering mengidapnya, lama kelamaan dapat juga menimbulkan kanker lambung. Banyak penderita kanker lambung yang gagal disembuhkan dan akhirnya meninggal dunia.

Pada umumnya, masyarakat menganggap bahwa munculnya penyakit asam lambung ini karena terlambat makan atau makan secara tidak teratur.Padahal, ada beberapa hal lain sebagai pemicu naiknya asam lambung yang berlebihan, diantaranya :

  • Asupan makanan yang kurang baik (makan makanan yang asam, pedas, minum minuman beralkohol dan kopi ). •  Stres merupakan salah satu penyebab dari berbagai macam penyakit, jadi bukan hanya penyakit asam lambung saja. Sebab, ketika seseorang mengalami stres, otomatis imun tubuh akan menurun, sehingga semua jenis penyakit dapat dengan mudah memasuki tubuh.
  • Penggunaan obat-obatan untuk menurunkan berat badan. Pada beberapa obat, ada zat yang dapat merusak asam lambung. Karena itu sebaiknya kurangi konsumsi obat-obatan, sebab selain terkena penyakit asam lambung, penyakit liver pun bisa mengintai.
  • Merokok. Padahal di dalam sebuah rokok, terdapat banyak zat yang dapat merusak tubuh terutama organ lambung. Selain akan terkena penyakit asam lambung, penyakit lain yang lebih berbahaya pun bisa menyerang Anda.

Sampai saat ini, masih banyak yang tidak pernah tahu kapan kita akan mendapatkan bahaya asam lambung, Maka sebaiknya sadari sejak dini gejala maag yang kita alami dan segera lakukan pengobatan yang tepat.

Di negara ini, tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan lambung terbilang masih sangat rendah. Padahal pada kenyataannya, asam lambung sangat menganggu aktivitas sehari-hari, baik remaja maupun orang dewasa. Selain itu bahaya sakit maag jika dibiarkan akan merusak fungsi lambung.

Pada umumnya, penyakit asam lambung sering dijumpai pada penduduk di kota-kota besar yang padat dengan kesibukan. Sehingga banyak diantara mereka yang kurang menjaga pola makannya dan mengabaikan gejala penyakit asam lambung. Hal tersebut menjadi salah satu indikasi akan bahaya asam lambung yang bisa datang kapan saja.

Bahaya asam lambung yang pertama akan terjadinya Maag Akut. Jika penyakit maag sudah memasuki tahap akut, maka dapat mengakibatkan kondisi tubuh semakin menurun dari segi berat badan. Tidak hanya itu, sakit maag kronis dapat juga mengakibatkan muntah darah bagi penderitanya. Jika ini dibiarkan tanpa melakukan pengobatan, maka kemungkinan proses penyembuhan sangat sulit.

Ahli kesehatan mengakatakan, salah satu penyebab kanker lambung adalah maag akut. Sakit maag disebabkan oleh tukak lambung yaitu luka pada lapisan lambung atau usus dua belas jari. Penyebab tukak lambung salah satunya adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Tapi bisa juga disebabkan karena penggunaan obat-obatan non-steroidal anti-inflammatory agents (NSAIDs) contohnya aspirin dan sejenisnya. (penyembab penyakit maag)

Bahaya asam lambung yang kedua akan terjadinya Maag Kronis. Belum lagi jika terus dibiarkan, penyakit maag juga akan berlanjut ke tahap kronis. Pada tahap ini, keadaan lambung sudah rusak (luka akibat Bakteri H Pylory) dan penderita akan merasakan nyeri, sakit dan mual yang menyakitkan, bahkan muntah.

Bahaya asam lambung yang ketiga akan terjadinya Tumor Lambung. Dinding lambung yang luka dan tidak mendapat pengobatan yang tepat akan menimbulkan tumor. Maka Tumor inilah yang disebut sebagai tumor lambung. Jika sudah memasuki tahap ini, biasanya dokter akan menyerankan penderita untuk melakukan pembedahan. Hal itu tentu sangat beresiko dan memerlukan biaya yang besar.

Bahaya asam lambung yang keempat akan terjadinya Kanker Lambung. Sebagaimana halnya tumor pada organ tubuh lainnya, tumor lambung yang tidak segera diobati pada waktu yang lama, bisa berkembang menjadi kanker lambung. Jika sudah memasuki tahap ini, maka penyakit yang tadinya ringan akan menjadi penyakit yang mematikan.

Ingat ! obat-obatan yang biasa di jual di pasaran rata-rata hanya bisa mengurangi asam lambung dan sifatnya cuma menetralkan saja. Namun harus diketahui, apabila obat tersebut dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama maka akan menganggu kinerja ginjal.(net/dari berbagai sumber)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here