Warga Gotong Royong Bangun Pagar Kantor Kecamatan Ciranjang

0
136
Warga Kampung Pasirhonje gotong royong membangun pagar kantor Kecamatan Ciranjang

Laporan : Sam

Cianjur, metronusantara.com – Kata orang-orang, di “zaman now” sulit ditemukan pengerjaan bangunan untuk kantor pemerintah dikerjakan oleh warga secara gotong royong. Pasalnya, ada pemikiran, kalau untuk pembangunan tersebut, sudah ada dananya. Mungkin karena itulah, warga jadi enggan begotong royong untuk pembangunan kantor pemerintah.

Namun tidak demikian di Kecamatan Ciranjang Cianjur Jawa Barat. Buktinya, saat Kecamatan Ciranjang akan melakukan pemagaran kantor kecamatan dengan ukuran panjang 30 meter lebar 40 Cm dan tinggi 1,2 meter, warga Kampung Pasirhonje Desa Cibiuk, secara suka rela berdatangan untuk membantu pembangunan pagar kantor Kecamatan Ciranjang.

Tokoh masyarakat Kampung Pasirhonje, sebut saja Kang Oyeng mengatakan, pembangunan pagar depan Kantor Kecamatan Ciranjang itu seluruhnya dibiayai pihaknya dan dikerjakan dengan cara gotong royong.

Karena secara kebetulan Kantor Kecamatan Ciranjang tersebut berlokasi di perbatasan Kampung Pasirhonje dengan Kampung Andir Desa Cibiuk. Hingga warga Kampung Pasirhonje rasa memiliki terhadap kantor tersebut cukup tinggi. Selain itu juga sekaligus memberikan kenangan terhadap Camat Ciranjang, Saepul Anwar yang konon katanya sebentar lagi akan pindah tugas.

Saat ditanya mengenai biaya, Kang Oyeng mengatakan puluhan juta. Semua itu untuk dana pemagaran dan membangun drainase depan Kantor Kecamatan Ciranjang. “ Mengenai dananya sebahagian besar dari kocek pribadi dan ditambah dari donatur serta warga setempat,” ucap Kang Oyeng.

Sementara itu, Camat Ciranjang Saepul Anwar saat dihubungi mengakui, warga Kampung Pasirhonje yang dipimpin Kang Oyeng sekarang sedang membangun pagar depan Kantor Kecamatan Ciranjang. Tidak hanya itu saja, sebelumnya warga telah membuat drainase di pinggir jalan depan Kantor Kecamatan.

Kalau mengenai biaya, pihaknya tidak mengetahui dari mana sumbernya. Bahkan, sebelum pelaksanaan pembangunan pagar dan drainase, sempat Kang Oyeng datang menghadap pada pihaknya.  Kedatangannya untuk mohon idzin akan membangun pagar beserta  drainasenya  hanya itu yang ia ketahuinya.

Karena itu, Camat Ciranjang mengucapkan terima kasih Kang Oyeng beserta seluruh warga Kampung Pasirhonje dan sekitarnya yang telah peduli terhadap keberadaan Kantor Kecamatan Ciranjang.

“ Semoga saja semua itu bermanfaat dan semoga pula menjadi motivasi untuk seluruh warga Kecamatan Ciranjang, hingga mampu melaksanakan gotong royong,” ucap Saepul Anwar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here