Warga Desa Sukaratu Gotongroyong Bangun Rutilahu

0
137
Warga Desa Sukaratu gotong royong bangun Rutilahu jadi Rulahu

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – Membangun Rumah Tidak Layak Huni (Ritilahu) tidak selamanya mengandalkan dana bantua pemerintah. Buktinya, lihat saja di Desa Sukaratu Kecamatan Bojongpicung Cianjur Jawa Barat. Seluruh warga Kampung Margaluyu RT 02/07, Sabtu (13/01) secara serempak melakukan gotong royong membangun rumah panggung ukuran 5X3 meter,  milik Mak Isoh (72) warga setempat.

Rumah Mak Isoh, mulanya berukuran 3X3 meter yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan dan nyaris ambruk. Selain reyot  juga genting penutup atapnya hanya tinggal separuh bangunan.

Karena itu, dengan rasa keprihatinan Ketua DKM, anggota LPM Desa Sukaratu, Ketua RW, Ketua RT 01, 02/07 dan seluruh warga Kampung Margaluyu, langsung bermusyawarah. Setelah bermusyawarah, warga setempat kompak  bergotong royong membangun rumah panggung Mak Isoh.

Seluruh bahan bangunan yang diterapakan untuk pembangunan rumah,  makanan, minuman, sembako untuk mak Isoh, termasuk makan, minum para perja bangunan rumah,  seluruhnya hasil sumbangan dari seluruh warga Kampung Margaluyu dan sumbangan dari Kepala Desa Sukaratu.

Ketua DKM Mesjid Jame Baeturohman, Aep Uton (67) mengatakan, pihaknya  mengucapkan terima kasih khususnya pada Kepala Desa, anggota LPM Desa Sukaratu, Ketua RW 07, Ketua RT01, 02/07 dan pada seluruh warga  Margaluyu. Terutama yang telah ikut andil membangun  rumah milik Mak Isoh. “ Semoga seluruh kebaikannya dibalas Allah SWT dengan pahala yang berlimpah,”  Ucap Aep Uton.

Sementara itu, salah seorang anggota LPM Desa Sukaratu, Okih Wijaya (68) menambahkan, dengan dilaksanakannya gorong royong membangun rumah panggung milik jompo Mak Isoh, pihaknya merasa bangga dan bersyukur. Karena warga Margaluyu telah membuktikan masih memiliki kepedulian terhadap sesama yang cukup tinggi.

Bahkan, kaum ibu-ibunya  ikut andil membuatkan makanan dan  minuman untuk yang sedang ikut kerja gotongroyong membangun rumah mak Isoh. Menurut Okih, pihaknya akan segera memprogramkan  pembangunan Rutilahu di setiap ke RW-an yang ada di Desa Sukaratu.

“ Pengerjaannya dilakukan dengan cara gotong royong dan tidak akan menunggu dana bantuan stimulan dari pihak pemerintah,P ucap Okih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here