Warga Desa Sukamanah Bikin Nasi Liwet Sepanjang 200 Meter

0
276
Warga Desa Sukamanah Kec. Cibeber Cianjur, makan nasi liwet bareng di jalan

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantara.com – Ratusan warga Desa Sukamanah Kecamatan Cibeber  Cianjur Jawa Barat, Selasa (3/9) kemarin, menggelar tradisi makan nasi liwet. Acara yang digelar di jalan Kampung Cijengkol Desa Sukamanah itu, merupakan agenda tahunan warga setempat.

Hanya acara kali ini yang digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1439 H, berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena konon katanya, liwet yang dibuat warga Desa Sukamanah sepanjang 200 meter itu, merupakan liwet terpanjang.

Warga menyambut antusias acara tersebut. Nampak mulai anak-anak hingga orangtua dari 11 ke Rtan, perangkat Desa Sukamanah dan unsur Muspika Cibeber mengikuti agenda tahunan tersebut.

Salah satu warga Kampung Cijengkol RT 02/02 Desa Sukamanah Fitri (30) mengatakan, acara makan liwet bareng dijalanan  sudah menjadi tradisi tahunan. Acara itu sering dilaksanakan masyarakat Desa Sukamanah.

” Acara makan liwet bareng di jalan sudah menjadi tradisi tahunanan bagi masyarakat disini, karena melalui acara makan nasi liwet bareng, bisa mempera tali silaturahim diantara warga Sukamanah,” tuturnya.

Menurut dia, makan liwet bareng ini sudah berjalan hampir 6 tahun dan dilaksanakan dimomen tertentu, seperti sekarang menyambut Tahun Baru Islam 1439 H.

Hal senada diungkapkan warga lainnya sambil menikmati nasi liweut. Nida (37) menambahkan, acara ini merupakan tradisi masyarakat Sukamanah. Hanya kalau dulu masak nasi liwetnya di rumah masing-masing. Tapi makannya bareng dijalanan. Sedangkan menunya cukup sederhana. Yakni, ikan asin, tahu tempe, lalaban dan sambal.

” Kalau masak nasi liwetnya d irumah masing-masing.Tapi makan nasi liwetnya berjamaah.” tuturnya.

Ketua Paniti Acara makan liwet, Ahmad Ependi mengatakan, kegiatan ini merupakan budaya atau tradisi tahunan yang suka dilaksanakan tiap tahun oleh warga Sukamanah. Hal itu dilakukan untuk mempererat tali silaturahmi antar warga kampung.

” Agenda tradisi makan nasi liwet tahunan ini sudah hampir 6 kali dilaksanakan di Kampung Cijengkol ini, maksudnya untuk mempersatupadukan masyarakat dan mempererat tali silaturahmi antar warga Desa Sukamanah,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here