Wana Wisata Poklan Gelar Jalan Sehat & Pagelaran Kesenian Tradisional Sunda

0
38
Wana Wisata Poklan diharapkan mampu menjadi salah satu destinasi wusata kebanggaan warga Cianjur

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – Dalam rangka memperingati Hari Ualang Tahun (HUT) Wana Wisata Poklan Ke I, pihak pengelola Wana Wisata Poklan menggelar berbagai kegiatan. Diantaranya acara Jalan Sehat dan pagelaran kesenian tradisionil Sunda.

Acara Jalan Sehat, nampaknya mendapat sambutan antusias masyarakat. Terbukti, ribuan peserta yang datang dari berbagai daerah mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, seluruh pegawai kecamatan, OPD, perangkat desa, PKK, Karang Taruna, Ormas dan pelajar SD, SMP, SLTA yang ada di Kecamatan Haurwangi mengikuti acara Jalan Sehat, Sabtu (10/2).

Para peserta Jalan Sehat berjalan kaki sejauh 3 KM. Sesampainya di finist, para peserta dihiburan dengan kesenian tradisionil Sunda dan pagelaran Wayang Golek.

Para peserta Jalan Sehat tersebut, diberangkatkan Ketua DPRD  Kabupaten Cianjur Yadi Mulyadi, disaksikan Ketua Komisi IV DPRD Cianjur, H. Sapturo dan pejabat Muspika Haurwangi.

Pada kesempatan tersebut Yadi Mulyadi mengatakan, Wana Wisata Poklan yang berlokasi di Kecamatan Haurwngi, perlu dibangun dengan serius. Ditata semaksimal mungkin hingga menarik perhatian para pengunjung. Karena Wana Wisata Poklan posisinya berada di ujung timur dan sebagai penyangga Kota Cianjur. Ke depannya, Wana Wisata Poklan bisa menjadi tempat wisata  anternatif setelah tempat wisata Cibodas Cipanas.

Wana Wisata Poklan. selain memiliki ratusan jenis  pohon pinus yang tiada duanya di Indonesia, perlu pula dibangun dengan berbagai tempat permainan lainnya yang benar menarik bagi para pengunjung. “ Seperti dibangunnya rumah rangon, kolam renang, kolam air deras, taman buah dan dibangun tempat permainan anak lainnya, agar menarik pengunjung,” kata Yadi.

Hal senada diucapkan Sapturo. Menurut dia, di Wana wisata Poklan selain perlu dibangun tempat selfi, permainan dan pembangunan lainnya yang menarik, perlu pula dibangunnya taman bacaan. Ditambah sanggar kesenian tradisionil sunda. Selain itu juga perlu tempat ibadah, masjid yang besar dan sarana air bersih. Supaya seluruh pengunjung Wana Wisata Poklan benar-benar tekesan dan merasa betah, nyaman serta aman.

Untuk itu, lanjut Sapturo, Wana Wisata Poklan perlu membina para pekerjanya. Seperti membina guide untuk petunjuk jalan dan menerangkan fungsi, sejarah, kronologi dan arti seluruh bangunan.

“ Termasuk menjelaskan keberadaan  taman dan permainan yang ada di lingkungan Wana Wisata Poklan,  supaya seluruh pengunjung terkesan dan merasa betah. Semoga saja pada HUT Wana wisata Poklan yang ke 2 nanti sudah terlaksana,” ucap Sapturo.

Sementara , Ketua Panitia HUT Wana wisata Poklan ke 1, Ayi Juanda (49) mengatakan, semua acara ini dapat terlaksana berkat kerja sama yang solid, antara, Pemkab Cianjur, Kehutanan, Kecamatan Haurwangi,  Pengurus LMDH, Desa Haurwangi dan dengan berbagai elemen masyarakat Kecamatan Haurwangi.

“ Kami berharap,  kedepannya acara akan lebih meriah dibanding HUT Wana wisata Poklan yang sekarang,” ujar Ayi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here