Truk Diluar Pengangkut Kebutuhan Pokok Dilarang Melintas Jalur Puncak-Cianjur

0
191
Hanya truk pengangkut kebutuhan pokok yang bia melintas di jalur Puncak-Cianjur

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantara.com – Untuk mengantisipasi lonjakan kepadatan arus lalu lintas di jalur Puncak-Cianjur Jawa Barat, jelang libur panjang  Natal dan tahun baru. Mobil truk pengangkut diluar kebutuhan pokok dilarang melintas jalur Puncak-Cianjur. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas dan rawan kecelakaan.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur Rahmat Hartono mengatakan, berdasarkan surat edaran dari Kementerian Perhubungan dan Dishub Provinsi Jawa Barat, mobil truk atau kendaraan pengangkut pasir, tanah dan batu dilarang beroperasi.

” Tapi diluar itu, seperti mobil operasional atau truk pengangkut kebutuhan pokok, elpiji, dan BBM itu diperbolehkan melintas,” katanya. saat dihubungi melalui telepon seluler, Selasa (26/12).
Menurut dia,  penerapan larangan tersebut mengacu pada edaran dari Dishub Provins. Selain itu juga disesuaikan dengan kondisi wilayah Jawa Barat yang menjadi destinasi wisata.

” Jadi ada dua, pertama yang dikeluarkan oleh Kemenhub dan dari Dishub Jawa Barat. Kalau Cianjur itu menerapkan yang edaran Dishub Jabar,” jelasnya.

Dia menjelaskan, jika berdasarkan kebijakan Kemenhub setiap momen hanya ada dua hari larangan operasional. Sementara untuk edaran Dishub Provinsi itu masing-masing hari besar empat hari larangan.
” Untuk momen natal itu larangan beroperasinya dari 23 sampai 26 Desember 2017. Sementara untuk momen tahun baru itu sejak 29 Desember 2017 sampai 2 Desember 2018,” ungkapnya.

Menurut dia,  informasi tersebut sudah disosialisasikan terhadap pemilik kendaraan, perusahaan,  dan pengemudi yang melintas. Jika ada yang tetap melanggar, maka pihak kepolisian bisa menindak tegas. Pasalnya kondisi arus kendaraan di momen libur panjang cukup padat. Sehingga dikhawatirkan keberadaan kendaraan bermuatan berat tersebut menimbulkan kecelakaan.

” Sejak awal ada edaran kami langsung sosialisasikan, termasuk koordinasi dengan Satlantas Polres Cianjur untuk menindak para pelanggar lalu lintas tersebut,” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here