TNI Beserta Warga Haurwangi Siap Bersihkan DAS Citarum

0
170
TNI bersama warga Haurwangi, siap bersihkan DAS Citarum

Laporan : Sam

Cianjur, metronusantara.com – Seluruh anggota Koramil Bojongpicung beserta masyarakat yang pemukimannya dilewati Sungai Citarum, menyatakan siap membersihkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Hal itu dilakukan setelah ada instruksi dari Pangdam III Siliwangi Jawa Barat. Kegiatan itu akan dilaksanakan  dalam waktu dekat dengan cara  gotong royong.

Sebelum dilaksanakan gotong royong membersihakn DAS Citarum, dua hari yang lalu Pangdam III Siliwangi Jawa Barat, terlebih dahulu menurunkan 5 orang tim survai dari Kodam III Siliwangi berpangkat Kolonel. Berdasarkan hasil survai itu, maka pihak Koramil Bojongpicung langsung melaksanakan koordinasi dengan pemerintahan setempat dan seluruh warga.

Danramil Bojongpicung Kapten Infantri Mustofa mengatakan, dua hari yang lalu Pangdam III Siliwangi telah menurunkan tim survai. Tujuannya untuk melihay dari dekat situasi dan kondisi DAS Citarum.

Tim survai menyatakan, di sepanjang  aliran sungai  Citarum  dan anak sungai Citarum, mulai dari Kampung Bantar Caringin Desa Cihea sampai dengan Kampung Parung Bitung Desa Cipeuyeum, seluruhnya harus dibersihkan dan dirapihkan. Termasuk sampah dan gulma yang tumbuh di air (eceng gondok) harus dibersihkan.

Tidak hanya itu saja,  lahan pinggiran sungai Citarum yang gundul akan ditanami pohon atau dilakukan penghijauan. Sedangkan  tumpukan sampah yang berada di pinggir saluran Citarum harus dibersihkan. Terutama sampah yang menumpuk di pinggir jalan lama, tepatnya di bawah tempat rekreasi wana wisata Poklan. Itu pun harus dibersihkan.

Pelaksanaan membersihkan DAS Citarum tersebut, dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan. Untuk itu,  pihak TNI dari  kesatuan tempur  akan bekerja sama dengan seluruh masyarakat Kecamatan Haurwangi untuk membersihkan DAS Citarum.

“ Diharapkan, dengan adanya kegiatan itu, aliran sungai Citarum kedepannya akan lebih indah dan mampu dijadikan wahana rekreasi air,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Haurwangi Iwan Karyadi mengatakan, Danramil Bojongpicung beserta anggotanya, sekarang tengah sibuk melaksanakan tugas. Termasuk berkoordinasi dengan berbagai dinas instansi, lembaha, ormas dan seluruh masyarakat yang ada di Kecamatan Haurwangi. Karena dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan membersihan aliran sungai Citarum dari berbagai sampah dan eceng gondok yang tumbuh subur di tengah saluran Citarum.

Selain itu, akan dilakukan penanamam  seribu pohon sebagai penghijauan lahan lahan kosong di pinggir sungai  Citarum yang kini dianggap gundul. Karena itu pihaknya akan ikut membantu melaksanakan sosialisasi kepada seluruh masyarakat yang ada di setiap desa yang ada di Kecamatan Haurwangi. Terutama pada warga Desa Cihea, Haurwangi, Kertsari, Kertamukti, Cipeuyeum dan warga desa lainnya.

“ Semoga program pembersihan sungai Citarum dan menanam seribu pohon, dapat erlaksana dengan lancar, tertib dan aman juga tidak mendapatkan hambatan apapun,” ucapnya dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here