Tim Terpadu Penangulangan Karhutla Kec. Pematang Karau Giatkan Pencegahan Karhutla

0
162
Tim Terpadu Penangulangan Karhutla Kec. Pematang Karau

Laporan : R. Rahmat Saleh

Barito Timur, metronusantara.com – Dalam upaya melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran, hutan dan lahan (Karhutla), anggota Polsek Pematang Karau yang tergabung dalam Tim Terpadu Penanggulangan Karhutla Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur, Kalteng, melakukan patroli. Kegiatan tersebut dilakukan bersama ke Desa Kupang Bersih, Kecamatan Pematang Karau, Sabtu (30/9) mulai pukul 08.30 WIB.

Tim terpadu yang terdiri dari personel Polsek Pematang Karau, Koramil Pematang Karau dan perrsonel Manggala Agni dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta relawan masyarakat. Patroli itu dilakukan bersama dalam upaya pencegahan Karhutla di wilayah Pematang Karau.

“ Kita bersama tim patroli ke Desa Kupang Bersih, kegiatanya antara lain mensosialisasikan larangan serta pencegahan Karhutla kepada masyarakat,” kata Aipda Santoso yang ikut melakukan patroli.

Tim terpadu penanggulangan Karhutla ini juga menemui warga Desa Kupang Bersih dan mengimbau serta mengingatkan warga agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar. Bagi yang sengaja melakukan pembakaran akan dilakukan proses hukum sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu, tim juga mengecek sumber-sumber air yang ada di wilayah Desa Kupang Bersih yang dapat digunakan sebagai sumber air untuk memadamkan api. Hingga apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut tak akan kesulitan mencari sumber air.

“ Diharapkan warga mendukung upaya penanggulangan Karhutla ini dengan tidak melakukan pembakaran dan segera melaporkan ke Posko Tim Terpadu Penanggulangan Karhutla Kecamatan Pematang Karau apabila terjadi Karhutla,” ujarnya menegaskan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here