Tim Monev Kecamatan Cibeber, Blusukan Ke Tiap Desa

0
183
Tim Monev Kec. Cibeber saat melakukan monitoring ke Desa Cimanggu

Laporan : Aldan

Cianjur,metronusantara.com – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) Kecamatan Cibeber, Cianjur Jawa Barat, targetkan akhir bulan Desember ini harus rampung. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui  penerapan dan penyerapan anggaran di setiap desa agar tepat sasaran.

Sekertaris Kecamatan Cibeber Ali Akbar mengatakan, kegiatan monev ini sesuai mandat dari Camat Cibeber. Yaitu  monitoring penyerapan anggaran yang bersumberkan dari dana desa. Sekaligus  melakukan evaluasi penyaluran raskin dan kendala-kendala teknis di lapangan terkait Pajak Bumi & Bangunan (PBB).

” Selain monitoring penerapan dana daesa, pihak kecamatan membantu juga kendala di desa. Seperti Desa Cimanggu yang sekarang objek dan subjek pajaknya tidak sama,” kata Ali Akbar,usai melakukan monev di Desa Cimanggu, Selasa (13/11).

Menurut dia, dengan monev tersebut, pihaknya akan membantu perbaikan administrasi di 18 desa se Kecamatan Cibeber. Terutama untuk peningkatan kredibilitas kuantitis di desa guna untuk mencegah penyelewengan anggaran yang bersumberkan dari dana desa.

” Jadi kita berupaya dalam monev ini mengevaluasi kendala-kendala dilapangan agar penyerapan anggaran DD dan penyaluran raskin tepat sasaran,” ujarnya.

Lanjut ia mengatakan, jadi monev itu adalah monitoring hasil pekerjaan fisik dana desa dan pembinaan anggaran dana desa. Selain itu juga memantau  PBB dan penyaluran raskin.

” Intinya monev tersebut membantu peningkatan perbaikan administrasi di desa,”ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here