Tim Karhutla Dusun Tengah Patroli Ke Area Perkebunan Sawit

0
167
ILustrasi

Laporan : R.Rahmat Saleh/Tobing

Barito Timur, metronusantara.com – Tim terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kecamatan Dusun Tengah susuri area perkebunan sawit PT. Borneo Ketapang Indah (BKI) di wilayah Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur Kalteng, Sabtu (30/9) mulai pukul 09.17 WIB.

Ini merupakan kegiatan patroli bersama tim terpadu penanggulangan Karhutla Kecamatan Dusun Tengah. Tim ini terdiri dari personel Polsek Dusun Tengah, Koramil Ampah dan petugas dari Manggala Agni Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Patroli itu dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla di wilayah kecamatan Dusun Tengah, Kecamatan Paku dan Kecamatan Raren Batuah.

“ Patroli bersama ini bentuk sinergitas tim dalam melaksanakan tugas penanggulangan Karhutla di wilayah hukum Polsek Dusun Tengah,” kata Kanit Binmas Polsek Dusun Tengah Aiptu Antoni Sabatu yang memimpin kegiatan patroli.

Tim terpadu ini mengecek beberapa blok area lahan perkebunan sawit milik PT. BKI. Tim menemukan lahan yang baru dibuka perusahan serta hutan yang rawan terbakar di area tapal batas perkebunan.

Selain itu, petugas juga mencari serta mengecek sumber air terdekat yang dapat digunakan untuk sumber air pemadaman apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Untuk mempermudah tim dalam melakukan pemadaman bila terjadi kebakaran, petugas selalu cheking koordinat titik titik penting termasuk lokasi embung atau sumber air tersebut.

“Kepada karyawan dan security perusahan diingatkan agar selalu waspada dan selalu melakukan pengawasan melalui menara kontrol yang ada di area perusahaan. Hingga apabila ada kebakaran dapat segera ditanggulangi dan menghubungi posko tim penanggulangan Karhutla,” ujarnya kepada petugas Security saat menyambangi Pos Security PT. BKI.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here