Sudah 4 Bulan Rastra Desa Cipeuyeum Belum Ditebus

0
95
Ilustrasi

Liputan : Sam

Cianjur, metronusantara.com – Beras Sejahtra (Rastra) Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi, sudah  4 bulan belum  juga diturunkan pihak Dolog karena belum ditebus. Akibatnya, 765  Rumah Tangga Sasaran  (RTS) penerima manfaat  mengeluh. Karena turunnya Rastra sangat ditunggu mereka.

Informasi yang dapat dihimpun menyebutkan, tidak ditebusnya Rastra selama 4 bulan, yaitu Agustus, September, Oktober dan Nopember, konon katanya karena adanya keterlambatan penyetoran uang pengembalian  Rastra dari beberapa Ketua RT yang ada di Desa Cipeuyeum.

Sri Wahyuni (42) salah seorang  RTS penerima manfaat Rastra,  warga Kampung  Cipeuyeum RT 01/07,)  saat ditanya mengatakan, memang benar Rastra  Desa Cipeuyeum, selama 4 bulan dengan sekarang belum juga diturunkan. Keterlambat turunnya Rasta entah apa  yang menjadi penyebabnya. Padahal tiap turun rasta penerima Rastra belum pernah nunggak.

Karena setiap Rastra datang ke rumah Ketua RT, maka warga langsung datang sambil membawang uang untuk menebur Rasta. Sesuai dengan bagian yang telah ditentukan.

Menurut dia, sebenarnya turunnya Rasta tiap bulan  sangat ditunggu para RTS penerima manfaat. Karena Rastra tersebut  merupakan kebutuhan pokok yang  menjadi andalan. Apalagi seperti sekarang tergolong musim peceklik.

“ Maka dengan ini diharapkan pada pihak Pemerintahan Desa Cipeuyeum, untuk bulan sekarang dapat menurunkan Rastra,” keluhnya.

Kaur Kesra Desa Cipeuyeum, Kamaludin Sidik, saat dihubungi, Selasa (07/11) mengakui,  jatah  Rastra  untuk 765 RTS penerima manfaat warga  Desa Cipeuyeum, selama 4 bulan dengan sekarang,   , belum juga ditebus.

Menurut Sidik, hal itu terjadi, akibat masih adanya para Ketua RT yang belum lunas menyetorkan pengembalian uang Rastra  pada bulan sebelumnya. Karuan saja ketrlambatan tersebut akan membawa dampak pada pelaksanaan penebusan Rastra bulan berkutnya.

Sebenarnya, masih kata Sidik, keterlambatan penebusan Rasta selama 4 bulan dengan sekarang, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak  Kepala Desa dan  BPD Desa Cipeuyeum. Maksudnya agar Rastra segera ditebus.

“ Karena sangat ditunggu para RTS penerima manfaat. Hal itu direspon positif Kepala Desa dan BPD, bahwa jatah Rastra selama 4 bulan dengan sekarang akan ditebus pada bulan sekarang,” kilahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here