Sosialisasi Pembentukan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat Bagi Penyandang Disabilitas

0
113
Sosialisasi Pembentukan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM), bagi Penyandang Disabilitas.

Laporan : Shandi

Cianjur, metronusantara.com – Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung, mengadakan sosialisasi Pembentukan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM), bagi Penyandang Disabilitas. Kegiatan tersebut diselenggarakan di kantor Kecamatan Cugenang, Selasa (27/3), kemarin.

Pokok pembahasan dalam kegiatan tersebut adalah, mengenai penyandang disabilitas,  jenis-jenis disabilitas dan hak-hak penyandang disabilitas.

Jumlah penyandang disabilitas yang ada di kecamatan Cugenang, saat ini mencapai kurang lebih 200 orang. Jumlah tersebut berdasarkan data dari RT/RW se-Kecamatan Cugenang.

Ketua Panitia Penyelenggara, Egi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan itu merupakan sosialisasi para penyandang disabilitas. Karena itu, masyarakat harus terlibat dalam penanganan disabilitas.  “Sebab, mereka juga sama memiliki hak-hak sebagai warga Indonesia,” Jelas Egi.

Menurut dia, sejauh ini data yang didapat, dan berdasarkan hasil pantauan langsung di lapangan bersama para ketua RT di 10 desa se Kecamatan Cugenang, penyandang disabilitas mencapai kurang lebih 200 orang. “ Jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah karena masih ada enam desa yang belum terpantau,” kata Egi.

Ditemui disela kegiatan Drs. Ari Prabowo pekerja sosial madya dinas sosial Kabupaten Cianjur mengatakan, alhamdulillah praktikum STKS Bandung ini bisa merangkul RBM di Kecamatan Cugenang. Dalam artian memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai keberadaan penyandang disabilitas.

“ Tujuannya untuk merangkul atau melayaninya, karena pada prinsipnya mereka juga sama dengan manusia lainnya,” ucapnya.

Tugas RBM sendiri, lanjut Ari, adalah untuk melakukan pendataan penyandang disabilitas disetiap wilayah ke RT an. “ Dalam pelaksanaan tugasnya akan dibantu oleh TKSK dan untuk selanjutnya akan dibantu mengajukan permohonan bantuan untuk para penyandang disabilitas ke dinsos tingkat provinsi,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Cugenang, petugas dari Dinas Sosial Kabupaten Cianjur, Karang Taruna kecamatan dan bagian Kesra dari desa yang ada di Kecamatan Cugenang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here