SMK Mitra Pasundang Berangkatkan 40 Alumni Untuk Kuliah & Magang Di Taiwan

0
241
Alumni SMK Mitra Pasundan yang akan berangkat ke Taiwan

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – Peluang tak akan datang dua kali. Mungkin itulah yang menjadi motivasi para alumni SMK Mitra Pasundan (Mipas) Bojongpicung Cianjur, ketika pihak Mipas menawarkan bea siswa kuliah gratis sambil magang di Taiwan.

Maka tak menyia-nyiakan waktu,  40 alumni Mipas dari berbagai jurusan langsung  mendaftarkan dirinya masing-masing, sabtu (10/03). Mereka ini selain kuliah di Nasional Pingtung University of Science And Technology  juga akan magang di salah satu perusahaan milik perguruan tinggi trsebut. Tapi terlebih dahulu harus mengikuti interview,  wawancara dan pembekalan dari pihak Taiwan.

Dekan Nasional Pingtung University of Science And Technology Taiwan, Mr. Faren Shing Chen, menjelaskan, para mahasiswa yang belajar di Nasional Pingtung University of Science And Technology Taiwan, hanya baru satu orang. Sedangkan pihaknya sekarang ini menargetkan sebanyak 600 orang. Tapi kalau seluruh alumni SMK Mipas Bojongping Cianjur, benar serius ingin menimba ilmu pengetahuan di Taiwan, maka mahasiswa dari Indonesia akan bertambah banyak.

Selain itu, selurus mahasiswa dari Indonesia, Malayasia dan dari negara lainnya, diwajibkan belajar sambil magang. Hal itu dipandang perlu untuk meringankan beban  para orang tuanya. Selain itu juga pada tahun ke 3 dan ke 4, seluruh mahasiswa selain memiliki ilmu pengetahuan, wawasan dan pengalaman juga akan memiliki uang lebih dari hasil magang tersebut. Karena beban sekolah dan beban hidup lainnya akan tertutupi dari hasil magang. Sebab, upah magang nominalnya meningkat.

Selain itu, bila setelah selesai kuliah nanti dan mendapatkan gelar S1, bisa diteruskan bekerja di berbagai perusahan di Taiwan atau pulang ke Indonesia. Untuk itu pihaknya mengucap terima kasih pada jajaran pengurus Mipas yang telah mau bekerja sama dengan Nasional Pingtung University of Science And Technology Taiwan. “ Semoga saja kerja sama ini dapat berjalan secara berkesinambungan,” ucap Chen dalam sambutanya.

Sementata itu, Kepala SMK Mipas Bojongpicung Cianjur, Eden Romansah mengatakan, baru pertama kali ini pihaknya melakukan kerjasama dengan Nasional Pingtung University of Science And Technology  Taiwan. Karena tidak hanya mengikuti pendidikan saja melainkan dengan kerja sama bekerja magang di beberapa perusahaan yang ada di Taiwan.

Karena itu, pihaknya sekarang ini baru mampu pengirimkan 40 orang alumni SMK Mipas tahun ajaran 2017/2018. Semoga saja keberangakatan para alumni yang belajar beserta magang kerja di Taiwan,  mampu merubah sikap, menambah wawasan, pengetahuan dan mampu merubah ekonomi mereka untuk kehidupannya dimasa yang akan datang.

MOU kerjasama belajar dan kontrak kerja dengan pihak Nasional Pingtung University of Science And Technology  Taiwan, tidak hanya sekarang saja melainkan berkesinambungan. Tiap tahun akan dilaksanakan pengiriman alumni SMK Mipas.

Untuk kedepannya akan dilaksanakan pengiriman siswa SMK Mipas sejak mereka sedang duduk dikelas II SMK, melaksanakan PKL nya di Taiwan. “ Hal itu dilakukan supaya ketika selesai sekolah dan juga beminat ikut kuliah dan magang di Taiwan, sudah punya pengalaman, paham berbahasa Taiwan hingga tidak sulit untuk berkomunikasi,” jelas Eden Romansah.

Dilain pihak, salah seorang Alumni SMK Mipas yang sudah siap berangkat ke Taiwan, Valeriani Rahasomar menjelaskan, dengan adanya tawaran untuk belajar dan magang di Taiwan, ia tak menyia-nyiakan peluang tersebut. Karena peluang belajar dan magang di luar negeri cukup sulit. Apalagi sekarang ini tidak mengeluarkan biaya dari pribadi, alias gratis.

Seluruh alumni SMK Mipas Bojongpicung  hanya tinggal niat untuk elajar dan ada izin dari kedua orang tua. Karena seluruh biaya kuliah di Taiwan dibiayai pihak pemerintahan Indonesia.

“ Semoga saja mereka lulus medikal,  lancar dalam memproses pembuata paspornya dan lancar melaksanakan studi di Taiwan,” ucap Valeriani pada wartawan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here