Setiap Anggota Panwaslu Tak Boleh Rangkap Jabatan  

0
280
Maman-Surahman-Divisi-Organisasi-dan-SDM-Panwascam-Cibeber-Yang-merngkap-Jabatan-dengan-pendamping-PKH-mengenakan-jaket-hitam-saat-acara-CNL-di-Desa-CibadakKecamatan-Cibebe

Laporan : Aldan

Cinjur, metronusantara.com – Nampaknya, larangan double job (rangkap jabatan) tetap saja masih dilanggar. Salah satunya oleh anggota Panwascam Cibeber. Meski dia sudah mendapatkan surat keputusan (SK) dan dilantik jabatannya ternyata merangkap dengan pendamping Program Kelurga Harapan (PKH).

Berdasarkan pantauan, diantara beberapa Panwascam yang merangkap jabatan adalah Kordinator Divisi Organisasi dan SDM Panwascam Cibeber Maman Surahaman. Dirinya masih aktif menjadi pendamping PKH.

Hal itu tentu sangat bertentangan dengan UU No.15 tahun 2011 pasal 85 huruf K. Dijelaskan, setiap anggota Panwaslu baik tingkat Kabupaten mau pun tingkat Kecamatan tidak boleh merangkap tugas.

Ketua Panwascam Cibeber Dedi mengakui, anggotanya yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Divisi Organisasi Dan SDM Panwascam Cibeber merangkap sebagai pendamping Program Keluarga Harapan (PKH).

“ Memang betul Maman Surahman selain anggota Panwascam juga menjadi pendamping PKH,” katanya.

Menurut dia, meski hal itu sangat bertentangan dengan amanat undang-undang, namun pihaknya tidak bisa berbuat banyak.

” Karena kalau pencabutan SK itu bukan kewenangan saya, melainkan kebijakan dari Panwaskab,” katanya.

Jadi mengenai rangkap jabatan tersebut sudah diketahui Panwaskab. Bahkan orangnyapun sudah mengetahui larangan itu.

” Kalau saya nungu intruksi saja dari Panwas Kabupaten untuk menyiakapi double job tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kabupaten Cianjur Hadi Dzikri Nur membenarkan, Koordinator Divisi Organisasi Dan SDM Panwascam Cibeber Maman Surahman mempunyai dua pekerjaan. Yaitu selain menjadi anggota Panwascam juga merangkap sebagai pendamping PKH.
“ Maman Surahman masih aktif di Panwascam, untuk memberhentikanya, kami masih menunggu izin PAW dari Bawaslu RI,” kilahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here