Sebanyak 18 Rutilahu Di Desa Sukaraharja Selesai Dibangun

0
281
Rutilahu milik warga Desa Sukaraharja yang telah selesai dibangun kini bisa dihuni dengan nyaman

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com –  

18 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Sukaraharja Kecamatan Cibeber Cianjur Jawa Barat  yang memiliki rumahnya tidak layak huni (Rutilahu)  sekarang ini terlihat gembira. Karena Rutilahunya dibangun pemerintahan desa setempat dengan kontruksi panggung semi permanen. Pembangunan Rutilahu tersebut dibiayai dari dana bantuan hibah Provinsi Jawa Barat ditambah swadaya masyarakat desa setempat.

Ketua LPM Desa Sukaraharja,  Saepul (40) menerangkan, pelaksanaan pembangunan rumah tersebut, dilaksanakan dengan cara kerja bareng antara Pemerintahan Desa Sukaraharja dengan Kodim 0608 Cianjur dan warga desa setempat.

Saepul merasa bersyukur, karena program pembangunan Rutilahu menjadi Rumah Layak Huni (Rulahu) berjalan sebagaimana harapan semua pihak. Hingga Rulahu yang selesai dibangun sekarang sudah bisa dihuni pemiliknya. “ Semoga saja semua itu kedepannya mampu mengingkatkan kesejahteraan mereka,” kata Saepul.

Babinsa Desa Sukaraharja Serda Dikun menambahkan, pembangunan 18 unit Rutilahu milik warga Desa Sukararja itu merupakan program Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Selain itu juga hasil usulan Pemerintahan Desa Sukaraharja yang didorong Kodim 0608 Cianjur. Hingga bisa dilaksanakan dengan baik sesuai harapan semua pihak.

Babinsa berpesan, agar rumah yang baru selesai dibangun, dihuni dan dirawat dengan baik. Jangan sampai ada yang disewakan atau dikontrakan. Apalagi kalau sampai dijual.

Bila nantinya ada kerusakan, genting bocor, kaca pecah dan lainnya, masih kata Babinsa, harus dibetulkan sendiri. Jangan mengharapkan ada lagi bantuan dari pihak pemerintah.

Selanjutnya kepada warga Sukaraharja yang Rutilahunya belum mendapat perbaikan mohon sabar. “ Semoga saja kedepannya program tersebut ada lagi,” jelas dia.

Dilain pihak, salah seorang jompo yang rumahnya selesai dibangun, warga  Kampung Pasir Dogong RT O1/02, Bi Okoy (65) mengatakan, mulanya ia tidak  memiliki rumah. Tapi nempel di rumah milik tetangganya. Namun setelah ada program pembangunan Rutilahu, ia jadi memiliki rumah.

Tanah untuk bangunan rumah diberi hibah tetangganya. Sedangkan pembangunan rumahnya dibiayai dari program Rutilahu dan sebagian hasil swadaya masyatakat.

Okoy terlihat gembira seraya menangis dan berucap terima kasih pada Kepala Desa,  Babinsa, LPM dan seluruh warga Desa Sukaraharja yang telah ikut andil membangun rumahya. ” Nuhun Pak Kades, Babinsa, LPM dan masyarakat, yang telah peduli membangun rumah Ibi,” tuturnya dengan suara parau menahan tangis gembiranya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here