Sebanyak 12  Rumah Ambruk Diamuk Puting Beliung  

0
158
Angin Puting Beliung memporak-porandakan Kampung Bungbulang Desa Ciranjang. Sedikitnya 12 rumah ambruk diterjang angin Puting Beliung

 

Laporan : Sam

Cianjur, metronusantara.com – Hujan deras dan angin kencang yang terjadi pada Kamis (5/10) memporak-porandakan keadaan Kampung Bungbulang Desa/Kecamatan Ciranjang Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Sebanyak 12 rumah warga Kampung Bungbulang RT 04/10, ambruk diterjang angin puting beliung. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Informasi yang dapat dihimpun di tempat kejadian menyebutkan, semula warga tak mengira akan terkadi bencana alam. Menjelang sore turun hujan deras dan tak lama kemudian datang  angin kencang  bergemuhur  dari arah utara  yang terlihat hitam. Saat itu pula terdengar suara pohon tumbang.

Selamjutnya terdengar suara bangunan rumah ambruk. Selain itu terlihat  genting rumah  milik warga beterbangan dan terdengar pula suara  jeritan wanita minta tolong. Hingga membuat panik seluruh warga setempat.

Setelah angin beliung  reda namun hujan masih turun gerimis. Seluruh warga baru bisa keluar, mendekati suara jeritan wanita tadi. Ternyata wanita itu menjerit karena dinding tembok rumahnya jebol.

Tidak hanya itu saja, ternyata  bangunan rumah lainnya juga banyak yang ambrol. Genting atau asbesnya berterbangan ditiup puting beliung. Termasuk madrasah tempat melaksanakan pengajian anak-anak, dindingnya ambruk.

Bencana alam tersebut, menghancurkan  9 rumah di Desa Ciranjang dan 3 rumah di Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang. “Kejadian tersebut langsung dilaporkan ke pihak Desa Ciranjang dan  Kecamatan Ciranjang,” kata Ketua RT 04, Juhana.

Sementara itu, Sekretaris Desa Ciranjang, Halimi Mubarok (56) mengatakan, memang benar ada di Kampung Bungbulang Desa Ciranjang dan Desa Nanggalamekar, telah terjadi amukan puting beliung. Hingga menghacurkan puluhan rumah milik warga setempat.

Untuk semenatara , pihak Pemerintahan Desa Ciranjang, hanya baru mampu memberikan sumbangan alakadarnya. Tiap KK yang rumahnya kena bencana diberi mie instan, air mineral  dan makanan lainnya. Diharapkan, dengan adanya bantuan yang tak seberapa itu, dapat membantu meringankan penderitaan warga yang tengah dolanda musibah,

“ Selain itu, kami telah membuat laporan kejadian bencana puting beliung, kepada pihak Kecamatan, Pemkab Cianjur dan pada dinas instansi terkait,” jelas Kades Ciranjang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here