SDN Karangsari Hijaukan Lingkungan Sekolah

0
323
Guru dan siswa SDN Karangsari Cihea lakukan penanaman pohon di sekitar sekolah

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – SDN Karangsari berlokasi di bawah hamparan kaki bukit Cihea. Tepatnya di Kampung Batu Nungku, Desa Cihea, Kecamatan Haurwangi. Sekolah ini memiliki  6 ruangan kelas, ruang guru dan ruangan kepala sekolah   1  unit. Selain itu juga  memiliki 3 unit  kamar mandi/WC. Sekolah yang satu ini menampung murid sebanyak  251 siswa yang diasuh 10 orang tenaga pengajar.

Tebing di sekeliling lingkungan dan halaman sekolah, sekarang ini ditanami berbagai jenis tanaman produktif. Seperti halnya, ditanam pohon  mangga,  duren,  jeruk,  jambu biji,  jambu air,  lengkeng,  alpukat,  sirsak, petai dan jenis tanam produktif lainnya. Hal itu dilakukan selain untuk menahan longsor juga meneduhkan di sekeliling bangunan sekolah dan sekaligus untuk menghijaukan di lingkunagn sekolah (Green Scool).

Seluruh bibit tanaman buah-buahan didapat dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, melalui PPL Kehutanan yang bertugas di wilayah Kecamatan Haurwangi dan Bojongpicung. Menanam pohon tersebut tidak hanya dilakukan siswa dewasa saja, tapi seluruh guru, penjaga dan beberapa orang tua siswa ikut andil menanam pohon di lingkungan sekolah.

Kedepannya diharapakan SDN Karangsari, mampu menjadi SDN yang berbasis Green Scool dan tergolong sekolah sehat yang ada di Kecamatan Haurwangi. Selain itu pihak sekolah  tidak berpikir bagai mana nanti memanen buat-buahan.

“ Tapi berpikir bagaimana kalau nanti terjadi longsor mungkin orang tua siswa dan warga setempat yang akan kerepotan, karena itu sejak kecil kita menanam setelah desawa kita memanen,” jelas Kepala SDN Karangsari, Sutarko (50) .

Sementara itu, Kepala UPTD Kecamatan Haurwangi, H. Iva Vaiz  menambahkan, dengan dilaksanakannya gerakan menanam ratusan  pohon produktif  di sekitar lingkungan sekolah, itu merupakan suatu ide yang sangat baik. Karena itu pihaknya memberikan apresiasi pada kepala sekolah, guru, jajaran komite, kepala Desa Cihea dan seluruh orang tua siswa SDN Karangsari. Kedepannya diharapkan SDN Karangsari mampu menjadi Green Shcool.

“ Mungkin hanya satu-satunya SDN yang ada di Kecamatan Haurwangi yang memiliki View yang indah. Karena lokasinya berada di hamparan kaki bukit Cihea, selain indah dilihat juga akan banyak manfaat jika nanti tanaman sudah berbuah,” kata Iva.

Dilain pihak, Kepala Desa Cihea, Supriatna (65) mengatakan, status lahan yang digunakan SDN Karangsari, itu milik Desa Cihea. Tapi kalau digunakan untuk pendidikan dan diusur dengan baik, seperti halnya ditanami berbagai jenis pohon produktif, itu benar membuat dirinya bangga. Karena selain akan mampu menahan erosi tanah juga akan mampu mendidik siswanya terhadap  keasrian lingkungan.

Semua itu harus ditanamkan pada anak didik sejak usia dini. Hingga murid memiliki dan menjiwai rasa kecintaan terhadap berbagai pohon atau berbatai tanaman lainnya.

“ Saya sampaikan ucapan terima kasih pada kepala sekolah beserta guru SDN Karangsari, komite sekolah,  PPL Kehutanan dan seluruh orang tua siswa yang telah peduli ikut menanam pohon produktif dilingkungan SDN Karangsari, itu semua akan sangat bermanfaat untuk semua pihak,” ucap Supriatna.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here