Rumah Joglo Warisan Budaya & Adat Jawa Ada Di Bandung

0
381
Rumah Joglo warisan budaya dan adat Jawa, nampak masih berdiri kokoh dan asri di Jalan Jajaway Dago Atas Bandung

Laporan : Yatiman

Bandung, metronusantara.com – Indonesia, memang dikenal kaya akan adat dan budaya. Karena itu, tak heran jika warisan budaya dan adat salah satu suku berada di suku lainnya. Seperti adat dan budaya Jawa bisa didapat di daerah suku Sunda.

Contohnya rumah Joglo. Rumah tersebut merupakan salah satu warisan budaya dan adat Jawa. Tap bisa ditemukan di daerah Bandung. Tepatnya di Jalan Jajaway Dago Atas.

Rumah Joglo itu ditempati H. Hartono. Rumahnya masih terbilang mulus, apik dan unik. Semua bangunannya terbuat dari kayu, Bahkan yang lrbih uniknya lagi, rumah tersebut selain dipenuhi ukiran khas Jepara, juga pmbuatan rumahnya tanpa paku.

Karena itu, rumah Joglo milik Hartono ini terbilang unik dan antik. Berbeda dengan rumah masa kini. Nyaris semuanya mempergunakan tembok beton. Berbeda dengan Rumah Joglo milik Hartono.

Menurut Hartono, rumah tersebut adalah rumah warisan dari orang tuanya. Umur rumahnya, kata Hartono mungkin sudah ratusan tahun. Pasalnya, ia merupakan penerima warisan yang ke delapan.

“ Kalau tidak salah, rumah ini dibuat pada tahun 1868, jadi rumah ini sudah sangat tua,” jelas Hartono.

Rumah yang berbahan kayu jati ukiran ini benar-benar mengandung nilai seni serta sejarah. Tentunya sudah jarang ditemui di daerah asalnya sekali pun. Tapi ternyata masih ada tersisa di Bandung Jawa Barat. Maka tak ada salahnya kalu rumah tersebut dijadikan cagar budaya untuk mencegah kepunahan warisan budaya dan adat Jawa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here