Ribuan Hak Pilih Kecewa, Pilkades Ciranjang Minta Diulang

0
1168
Ribuan warga Desa Ciranjang kecewa karena tak dapat menyalurkan aspirasinya pada Pilkades Citanjang

laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Ciranjang, Kecamatan Ciranjang Cianjur yang notabene jumlah hak pilihnya cukup banyak dan tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 12. 609 orang. Namun pihak Panitia Pilkades Ciranjang hanya menyedian Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak satu tempat yang dipusatkan di lapangan bekas pabrik beras Kampung Sukasari Ciranjang.

Tentu saja saat Pilkades berlangsung, Minggu (25/03) sekira pukul 13.00 WIB, ribuan warga berdesakan antri pada tempat pendaftaran. Namun pihak panitia  langsung menutupnya tempat pendaftaran. Alasannya, waktu pendaftaran telah habis. Karuan saja dengan adanya itu. ribuan warga Ciranjang berang dan kecewa.

Selain itu panitia dinilai tidak konsisten. Karena bagi warga yang tidak kebagian surat undangan hak pilih, tidak diberlakukan dengan membawa KK/ KTP beserta copinya. Hingga banyak pula yang pulang dengan membawa kekecewaan.

Salah seorang hak pilih pada Pilkades Ciranjang, warga Kampung Kaum Kaler,  Agus (40) didampingi Iyan Bahtiar (47) mengatakan, pihaknya bersama ribuan warga lainnya merasa kecewa pada pelaksanaan Pilkades Ciranjang. Karena pihak panitia diduga berpihak pada salah seorang Calon Kades.

Hal itu, terlihat pada saat  pendaftaran seluruh warga RW 14 dan 15 Kampung Kaum Kaler, Kuta, Pasanggrahan dan warga RW 10 Kampung Babakan. Surat suaranya didem, tidak langsung dibagikan pada hak pilih. Hingga waktu antrian semakin berdesakan, padat dan waktu keburu ditutup dan dihentikan panitia.

Kekecewaan warga tersebut, membuat panik jajaran panitia. Karena selain berang, kata kata kotor pun sempat keluar dari banyak warga yang tidak kebagian nyoblos jagoannya. Alhasil, dengan adanya kejadian itu, pihaknya meminta pada pihak Pemkab Cianjur agar Pilkades Ciranjang minta diulang. Karena dianggap tidak syah dan diprediksi hanya dipilih oleh 30 persen hak pilih. Padahal  yang tercantum dalam DPT sebanyak 12.609 orang.

” Mohon Pilkades Ciranjang diulang, Kerena banyak warga yang dirugikan,” ujar Agus yang diamini Iyan Bahtiar pada wartawan.

Sementara itu, Asda II Kabupaten Cianjur, yang saat itu berada di TPS Pilkades Ciranjang, H. Yanto Hartono menjelaskan, pihaknya mengaku berada di TPS sedang melaksanakan tugas monitoring Pelaksanaan Pilkades. Namun dengan terjadinya hak pilih yang kecewa tidak bisa menyalurkan aspirasinya, mendukung jagoannya, Yanto menyatakan ikut prihatin.

Menurut dia, hal itu disebabkan kurang sosialisasinya pihak panitia terhadap masyarakat.  Padahal jauh sebelumnya pihak panitia banyak waktu, untuk melaksanakan sosialisasi. Maka dengan adanya kejadian tersebut, pihaknya akan langsung melaporkannya pada Bupati Cianjur.

“ Tentu saja kekecewaan warga hak pilih itu merupakan penyesalan saya juga dan semoga saja hal itu tidak berlanjut yang mengarah pada hal yang tidak diinginkan semua pihak, “ tegas Yanto pada awak media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here