Rastra Harus Lunas Pada Nopember 2017

0
164
Ilustrasi

Liputan : Sam

Cianjur, metronusantara.com – Beras  Sejahtra (Rastra) tiap bulannya diturunkan kesetiap desa  di Kabupaten Cianjur. Tiap tahunnya  awal penebusan Rastra dimulai  setiap Maret. Hal itu secara serempak dilaksanakan disetiap desa. Seperti halnya  8 desa di Kecamatan Haurwangi. Pada awal tahun serempak menebus  rastra pada Bulog Kabupaten Cianjur.

Namun nyatanya penebusan Rastra bulan berikutnya sangat pareatif. Karena ada yang hingga sampai Agustur 2017 masih ada pula desa yang belum menebusnya. Alasan sangat klasik. Uang pengembalian Rastra dari Rumah Tangga Sasaran (RTS)  macet di Ketua RT nya.

Seperti halnya Desa Cipeuyeum, Kecamatan Haurwangi. Rastra pagu  Agustus 2017, per 07 Nopember 2017 belum juga ditebus dengan alasan uang pengembalian Rastra macet dibeberapa orang Ketua RT. Namun setelah dilaksanakan pembinaan maka rastra pagu Agustus 2017 langsung ditebusnya melalui BRI Unit Cipetir per 09 Nopember 2017.

Kepala Desa Cipeuyeum Gugun Gunawan menjelaskan, belum ditebusnya Rastra pagu Agustus 2017, itu bukan hanya adanya kemacetan penyetoran dari beberapa orang Ketua RT saja, tapi pagu Agustus merupakan titik aman penebusan rastra. Ssetelah pagu Agustus ditebus, maka bulan berikutnya tidak ditebus tidak menjadi persoalan.

Maka dengan adanya itu, pihaknya per 09 Nopember 2017 pagu rastra Agustus telah dilunasi melalui BRI Unit Cipetir. Sekarang hanya tinggal menunggu turunnya rastra dari Bulog Cianjur, maksimal  Sabtu (11/11) mendatang.

Selain itu pihaknya pafa pagu Rastra September, Oktober dan Nopember 2017 akan ditebus bulan ini pula dan Desember 2017 satu kali nebus Rastra. “ Dengan adanya itu semoga saja pengembalian uang rastra dari RTS terlaksana lancar,” ucapnya.

Dilain pihak Satker Rastra Kecamatan Huarwangi,  Roni Ruswandi saat ditanya di ruang kerjanya, Kamis (09/11) menjelaskan,  mengenai penebusan Rastra di setiap desa yang ada di Kecamatan Hurwangi, tiap tahunnya lancar-lancar saja. Tapi penebusan tiap bulanya tidak sedikit pula desa yang menebus Rastra ada yang terlambat. Seperti Desa Cipeuyeum dan desa lainnya.

Padahal pihaknya bersama Kasi Trantib dan Kesra hampir tiap pekan melakukan pembinaan ke setiap desa mengenai pebusan Rastra atau melakukan pemberitahuan melalui media social WhatsApp (WA). Dengan itu, seluruh desa akan  menebus pagu Rastranya seluruhnya pada Nopember 2017.

“ Semoga saja seluruh Satker Rasta disetiap desa yang ada di Kecamatan Haurwangi, benar adanya, karena kasihan pada seluruh RTS yang ada di setiap desa,” ucapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here