Rasta Di  Desa Sindangsari  Bau Apek Juga Hancur

0
160
Beras Sejahtera (Rastra) yang dikirim ke DEsa Sindangsari kualitasnya buruk

Laporan : Sam

Cianjur, metronusantara.com = Sebanyak 7.065 Kg Beras Sehatera (Rastra) untuk 471 warga kurang mampu di Desa Sindangsari Kecamatan Ciranjang Cianjur Jawa Barat, kualitasnya tidak memenuhi setandar. Selain bau apek juga kondisinya hancur (bubuk) dan banyak kutunya.  Hingga warga  Rumah Tangga Sasaran (RTS)  enggan menebusnya. Namun apa boleh dikata,  seluruh RTS terpaksa  menebusnya. Karena kalau tidak ditebus, kedepannya takut tidak diberi lagi jatah Rastra. .

Ketua RT 16/04 Udin (50)  mengatakan, pihaknya merasa kecewa dengan datangnya Rasta yang kualitasnya di bawah standar. Padahal, Rastra tersebut harus ditebuskan seluruh RTS yang ada di ke RT-annya. Namun karena kualitas Rastra kurang bagus, bau apek,  bubuk, hitam juga banyak kutunya, hingga banyak RTS yang menolaknya.

Karena itu, pihaknya terpaksa menjual pada pada RTS lainnya. Dari pada harus mengembalikan Rastra tersebut  pada pihak desa. Karena  Rastra yang dibawanya telah dibuka dari karungnya.

Untuk itu diharapkan kepada pihak Pemerintahan Desa Sindangsari, bila menebus Rastra, telebih dahulu dicek. Dilihat dulu dengan teliti, supaya jangan terulang kembali kiriman Rasta yang kualitasnya dibawah standar alias buruk.

Sementara itu, Kaur Kesra Desa Sindangsari, Wawan Sutiawan  mengatakan, pihaknya tidak menampik dengan Rastra  yang dikirim kemarin kualitasnya sebagian buruk, hitam, bubuk, ngepul dan bau apek. Tapi sebagian lagi kualitasnya sedikit bagus. Seperti halnya kiriman  bulan sebelumnya.

Karena itu, dengan adanya kiriman Rastra jelek, tentu saja sebanyak  471 RTS terlihat kecewa. Hingga banyak yang mau dikembalikan. Namun kondisinya sudah acak-acakan dikantongi kantong plastik. Kalau seandainya masih utuh dalam karung maka pihak desa pun siap menerima kembali. “ Karena nantinya akan dikembalikan ke pihak Bulog Cianjur,” jelas Wawan.

Selanjutnya Wawan berharap, pihak  Bulog Cianjur kedepannya memperhatikan kualitas Rastra. “ Jangan sampai terjadi seperti sekarang, selain bau apek juga bubuk, ngepul dan banyak kutunya,” kata Wawan, penuh harap.

Hal senada juga dikatakan Kaur Kesra Desa Ciranjang, Ojak Suparman. Rastra yang dikirim sekarang untuk  RTS Warga Desa Ciranjang, kualitasnya  sama jelek, bubuk, ngepul dan bau apek.

Tapi, lanjut Ojak, tidak jelek semuanya. Melainkan separo jelek dan separo lagi bagus.

Ojak menduga, itu mungkin merupakan unsur kesengajaan, hingga dioplos. Ojak pun brharap, pihak Bulog Cianjur, kedepannya memperhatikan kualitas Rasta. “ Kalau sekiranya kualitasnya jelek jangan dikirim,” ujar Ojak dengan nada agak tinggi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here