Puskesmas Cipeuyeum Sosialisasikan Penyakit Cacingan

0
130
Sosialisasi penyakit Cacingan di aula Puskesmas Cipeuyeum

Laporan : Sam AS

Cianjur,metronusantara.com – Balita yang menderita penyakit Cacingan bisa berakibat vatal bagi perkembangan tubuh balita itu sendiri. Bahkan penyakit Cacingan bisa mengakibatkan terjadinya gizi buruk yang berujung pada kematian. Karena itu, Pemerintah langsung mensuport Kementerian Kesehatan dan jajarannya untuk melakukan pencegahan penyakit cacingan terhadap Balita.

Seperti halnya jajaran Puskesmas Cipeuyeum, Selasa (20/02) melaksanakan sosialisasi pencegahan penyakit cacingan. Kegiatan itu dilaksanakan di aula Puskesmas Cipeuyeum dan dihadiri seluruh kepala desa, Ketua Tim Penggerak PKK Desa dan Kader Posyandu se Kecamatan Haurwangi.

Pelaksana kegiatan sosialisasi pencegahan penyakit cacingan,  dr. Prancis Karini mengatakan, sosialisasi pencegahan cacingan terhadap Balita, pernah dilaksanakan di setiap posyandu yang ada di setiap desa. Tapi sekarang dilakukan kembali sosialisasi pencegahan penyakit cacingan yang dihadiri para peserta lintas sektoral. Seperti para kepala desa, TP. PKK, PPL Kesehatan dan lembaga lainnya.

Karena nantinya, saat melaksanakan pengobatan cacingan dengan cara gratis pada setiap anak usia nol tahun sampai usia anak SD yang dilaksanakan 6 bulan sekali. Hingga para kepala desa, Kepala SD/MI dan elemen masyarakat tidak asing lagi saat pengobatan tersebut.

Pelaksanaan pemberian obat cacingan,diberikan tidak hanya di Posyandu saja. Tapi bisa dilakukan  disetiap SD/MI yang ada di Kecamatan Haurwangi.

“ Karena itu diharapkan seluruh kepala desa, Kepala SD/MI dan elemen masyarakat, dapat membantu menyukseskan program pencegahan penyakit cacingan terhadap Balita,” tutur Prancis Karini pada wartawan kemarin.

Sementata itu, Ketua TP. PKK Desa Kertamukti, Rina Agustina menambahkan, dengan dilaksanakannya sosialisasi pencegahan penyakit cacingan terhadap Balita, pihaknya merasa bersyukur. Sebab program pengobatan pencegahan penyakit cacingan sangat diperlukan seluruh masyarakat.

Karena penularan penyakit cacingan sangat rentan dan kerap terjadi pada Balita yang nantinya bisa berakibat vatal bagi pertumbuhan balita. Seperti lambat daya nalarnya, bisa menimbukan kebutaan dan bila tidak segera diobati bisa mengakibatkan gizi buruk dan berujung pada kematian.

Maka dengan akan dilaksanakannya pencegahan penyakit cacingan pada bayi usia nol tahun sampai anak usia sekolah, mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Untuk itu, PKK Desa Kertamukti akan melaksanakannya pemberian obat cacingan dan vitamin A di 12 Posyamdu dan dua Sekolah Dasar (SD) yang ada di Desa Kertamumti.

“ Semoga saja hal tersebut mampu untuk meningkatkan kesehatan seluruh warga Desa Kertamukti,” ucap Rina Agustina pada wartawan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here