Puluhan Pemuda Lakukan Audensi Dengan Panitia Pilkades Ciranjang

0
94
Pemuda Ciranjang saat melakukan audensi dengan Panitia Pilkades Ciranjang di aula kantor Kecamatan Ciranjang

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Ciranjang Kecamatan Ciranjang Cianjur Jawa Barat, ternyata masih menyisakan masalah. Terutama tentang adanya dugaan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades)  Ciranjang, memihak pada salah seorang Calon Kepala Desa (Kades) dan Panitia Pilkades yang dinilai kurang profesional. Hingga banyak warga Desa Ciranjang yang tak dapat melaksanakan hak pilihnya.

Karena itu, Calon Kades Ciranjang No. 2 H.  Asep Gumelar menyatakan keberatan atas keputusan hasil Pilkades Ciranjang yang dilaksanakan pada Minggu (25/03). Selanjutnya Asep mengirimkan surat pada DPMD Kab. Cianjur dengan tembusannya yang disampaikan ke Camat Ciranjang, Plt Kades Ciranjang dan Ketua BPD Ciranjang.

Tak hanya itu, pada Rabu (28/03), sekira pukul 13.00 WIB,  puluhan pemuda Desa Ciranjang didampingi Calon No. 2,  melakukan audensi dengan pihak  panitia Pilkades disaksikan Muspika Ciranjang. Audensi tersebut dilaksanakan di aula Kantor Kecamatan Ciranjang.  Nampaknya, audensi tersebut agak sedikit hangat, karena para pemuda dan Calon No 2 minta pelaksanaan Pilkades Ciranjang diulang.

Tokoh pemuda Desa Ciranjang, Aep Saepulloh mengatakan, dilaksanakannya audensi dengan pihak panitia Pilkdes  Ciranjang itu, karena ada dugaan pihak panitia banyak melanggar aturang yang  berlaku. Hingga berdampak merugikan ribuan warga Desa Ciranjang karena tak bisa melaksanakan hak pilihnya dan merugikan para Calon Kades Ciranjang.

Namun amat disayangkan. audensi tersebut tidak mendapatkan hasil keputusan yang jelas. Bahkan pihak Panitia masih tetap ngotot pada pendiriannya. Tidak mau memutuskan Pilkades Ciranjang akan diulang. Karena pelaksanaan Pilkades Ciranjang dianggap sah, benar dan akan melaksanakan putusan pemenang hasil Pilkades kemarin.

Karena itu, Aep dengan tegas menyatakan, pihaknya akan tetap memperjuangan hak warga Desa Ciranjag yang memiliki hak pilih sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. ” Seluruh warga Desa Ciranjang memiliki hak memilih dan hak dipilih,”ujar Aep.

Selanjutnya ep pun menyatakan, pihaknya akan tetap mengadukannya pada ranah hukum. Baik secara pidana maupun secara Pelaksanaan Pilkadesnya. Karena seluruh kesalahannya dikantonginya, seperti surat undangan Pilkades itu semua berawal dari Daftar Pemilih Tetap (DPT)

“ Yang sumbernya dari KTP dan KK, nyatanya saat pelaksanaan Pilkades harus dilampiri KTP dan KK, pelaksaan tersebut mutlak melanggar undang-undang yang berlaku dan banyak pelangharan lainnya,” ucap Aep dengan nada tinggi.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Ciranjang, Deni Suherman mengatakan, sebenarnya pelaksanaan Pilkades Ciranjang, telah dilaksanakan dengan baik dan benar. Karena semuanya dilaksanakan sesuai dengan tahapan yang ada. Seluruh putusan Panitia apapun, itu sebelumnya dilaksanakan terlebih dahulu ada kesepakatan bersma seluruh Calon Kades yang dilengkapi berita acaranya.

Untuk itu, pihaknya akan tetap pada aturan dan tahapan Pilkades. Bila benar adanya kesalahan pihak panitia kemudian penasaran, maka silahkan saja adukan pada pihak yang  berwenang dalam bidang pelaksanaan Pilkades. “ Supaya seluruh permasalahan tersebut, bisa benar-benar terang benderang,” kilah Deni pada awak media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here