Puluhan PAUD & Kader Posyandu Ikuti  Lomba Ciranjang Festival Desa

0
96
Kades Karangwangi sedang memberikan piala dan piagam pada pemenang lomba

Laporan : Sam

Cianjur, metronusantara.com – Sedikitnya 53 Paud dan 45 kader Posyandu se Kecamatan Ciranjang mengikuti berbagai lomba yang digelar pada Ciranjang Festival Desa. Ajang perlombaan tersebut dilaksanakan di lingkungan Desa Karangwangi  Kecamatan Ciranjang. Menurut keterangan, kegiatan itu diprakarsai Generasi Sehat Cerdas (GSC) Kecamatan Ciranjang.

Acara Festival Desa dibuka Camat  Ciranjang dan dihadiri pejabat Muspika Ciranjang lainnya, Kepala UPTD Kesehatan, UPTD Pendidikan, Kepala KBPP, para kepala desa  se kecamatan Ciranjang dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Seluruh materi lomba  pada Ciranjang Festival Desa, dititiberatkan pada keagamaan, pendidikan, kesehatan dan sosial kemasyarakatan.  Tentu saja hal itu membuat seluruh peserta lomba antusias dan proaktif terhadap seluruh kegiatan.

Fasilitator Kecamatan (FK) GSC Kecamatan Ciranjang,  Eneng Heliyanti (42) mengatakan, digelarnya Ciranjang Festival Desa itu merupakan suatu implemrnntasi dari berbagai kegiatan program GSC.  Terutama mengenai hal yang telah dilaksanakan pada peserta didik yang orang tuanya dianggap kurang beruntung di Kecamatan Ciranjang beberapa tahun yang lalu. Utamanya mengenai peningkatan kecerdasan, kesehatan dan keterampilan seluruh siswa yang di bawah asuhan GSC dan khususnya siswa- siswi PAUD.

Sedangkan kader Posyandu, itu merupakan suatu mitra kerja GSC selama menjalankan tugas. Karena itu, program yang disampaikan pada masyarakat selalu melalui Posyandu dan pemerintahan desa  sebagai orang tua asuh siswa sasaran yang diberi program pihak GSC.

Karenanya, program GSC kedepan akan ditiadakan. Mungkin saja nama programnya akan diganti dengan nama program lainnya.

“ Semoga saja program tersebut, benar diturunkan lagi oleh pihak pemerintahan pusat, karena masih banyak warga Ciranjang yang perlu dibantu tentang pendidikan, keseatan dan perekonomiannya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Ciranjang, M. Sidiq Gunawan mengatakan, acara tersebut mendapat sambutan antusias dari semua pihak. Terbukti dengan banyak yang mengikuti berbagai perlombaan yang digelar pihak panitia.

Mulai dari lomba media komunikasi antar desa, lomba penyampaian materi antar kader Posyandu, lomba hapalan ayat pendek dalam Juzamma, cara berdoa, membasuh tangan, karnaval, tari, mewarnai  dan lomba keterampilannya semua diikuti masyarakat, aparat desa hinggga murid PAUD se Kecamatan Ciranjang.

Menurut dia, hal itu sangat membantu pihak UPTD Pendidikan Kecamatan Ciranjang. Karena seluruh materi yang disajikan itu merupakan suatu, evaluasi, mengukur kecerdasan, keterampilan dalam kreatif seluruh siswa PAUD.

Selain itu, lanjutnya, cara hidup sehat pun terukur pula. Hingga banyak siswa PAUD yang pemikirannya masih polos sudah mampu dan berani tampil beda melaksanakan cara bersuci tangan dengan baik dan benar.

Gunawan berharap, seluruh kepala dan guru PAUD yang ada di Kcamatan Ciranjang, mampu meneruskan program GSC yang begitu bagus, biarpun kedepannya  program GSC akan berhenti,

“ Selamat tinggal GSC dan selamat datang program lainnya yang serupa dengan GSC,” kata Gunawan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here