Program Citarum Harum Merupakan Prioritas

0
178
Pangdam 3 Siliwangi Mayjen Donni Monardo saat mengadakan acara silaturahmi dengan para awak media di Cafe Kalpa Tree Dine And Chill

Laporan : Yatiman

Bandung, metronusantara.com – Progam Citarum Harum merupakan salah satu program prioritas. Hal tersebut dikatakan Pangdam 3 Siliwangi Mayjen Donni Monardo, pada acara siaturahmi dengan awak media di Cafe Kalpa Tree Dine And Chill di Jalan Ki Putih Cimbuleuit Cidadap Kota Bandung, Jumat (02/03).

Menurut Donni, Sungai Citarum perlu penanganan yang serius dan berkelanjutan. Pasalnya, Sungai Citarum terkenal dengan kekotorannya. Bahkan sungai terbesar di Jawa Barat ini merupakan salah satu sungai terkotor di dunia.

Untuk menyukseskan program Citarum Harum, lanjut Donni, pihaknya terus menggaungkan Program Citarum Harum. Bahlan. Kodam 3 Siliwangi telah menerjunkan anggotanya dalam berbagai program yang berkaitan dengan Sungai Citarum.

Seperti melakukan penanaman pohon di bantaran sungai dan penanganan sampah serta limbah industri yang dibuang ke Sungai Citarum.

Donni menyebutkan, sampah yang dibuang ke Sungai Citarum beragam.  Mulai dari sampah rumah tangga, limbah pabrik sampai limbah medis dibuang ke Sungai Citarum. Bahkan, bangkai hewan juga banyak yang dibuang ke Citarum.

Dampaknya, kualitas air semakin menurun. Hingga dari hulu hingga hilir, air Citarum bisa dikatakan tak layak konsumsi. Sebab, bukan hanya limbah saja, kandungan logam berat seperti merkuri sudah sangat tinggi. Belum lagi bakteri e-coli dan lainnya.

“Karena itu penanganan Citarum ini harus dari hulu ke hilir. Tidak bisa ditangani sendiri. Perlu ada kesadaran masyarakat juga. Termasuk, 50% harus ditangani secara hukum supaya ada efek jera dan sanksi yang tegas. Jika tidak begitu, penanganan Citarum tak akan beres,” kata Donni pada awak media.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here