Pinggir Jalan Raya Dijadikan Tempat Pembuangan Sampah

0
297
Sampah numpuk di pinggir jalan raya Cianjur Bandung

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.coom –  Untuk menjaga kebersihan di wilayah Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi, Dinas Kebersihan Kab. Cianjur menyediakan mobil pengangkut sampah. Mobil ini sepekan dua kali mengangkut sampah yang ada di sepanjang jalan raya Ciranjang dan Haurwangi.

Hal tersebut, nampaknya dijadikan kesempatan bagi oknum warga untuk membuang sampah di pinggir jalan. Hingga banyak warga yang membuang sampahnya di pinggir  jalan raya Cianjur-Bandung.

Seperti mulai dari ujung  Jembatan Kali  Cisokan Kampung Pasanggrahan Desa Ciranjang sampai dengan Kampung Cibodas Desa Karangwangi Kecamatan Ciranjang. Terlihat belasan titik  tumpukan sampah rumahan  yang dibuang oknum warga yang tidak bertanggung jawab.

Ironisnya lagi, di pinggir jalan raya depan pertokoan gelanggang juga di pertigaan jalan Alma Arif Desa Ciranjang,  tumpukan sampah rumahan terlihat menggunung. Tidak hanya itu saja, ada beberapa titik tumpukan sampah yang menggunung di pinggir jalan raya Kampung Sukaluyu, Andir, Desa Cibiuk, Kecamatan Ciranjang.

Tentu saja tumpukan sampah tersebut menjadi sebuah pemandangan yang memprihatinkan. Karena selain mengganggu pengguna jalan raya juga warga setempat tiap saat harus rela menghirup bau tak sedap yang timbul dari tumpukan sampah tersebut.

Informasi yang dapat dihimlun, mulanya warga Kecamatan Ciranjang dan Haurwangi yang rumahnya berada di pinggir jalan raya Cianjur – Bandung, membuang sampah rumahannya di sekitar lingkungaannya sendiri. Tapi setelah ada armada pengangkut sampah milik Pemkab Cianjur, yang datang sepekan dua kali, warga jadi membuang sampahnya di pinggir jalan.

Seperti halnya di ujung jembatan Cisokan, depan SD Ciranjang 1, depan pertokoan gelanggang, pertigaan jalan Alma Arip, Pakemitan, Curug Desa Ciranjang, Hegarmanah, Sukaluyu, Andir,  Desa Cibiuk,  dan di kampung lainnya yang berada di pinggir jalan raya Cianjur-Bandung Desa Karangwangi Kecamatan Ciranjang.

“ Tumbukan sampah tersebut,  itu tidak mutlak seluruhnya dibuang warga setempat. Tapi tidak sedikit pula warga luar Kecamatan Ciranjang yang membuang sampahnya di pinggir jalan raya. Hingga tumpukan sampah cepat menggunung,” ucap Iyan Hidayat warga Desa Ciranjang pada wartawan kemarin.

Sementara itu, Kepala Desa Cibiuk  Yandi Ruhyandi Z menambahkan, memang benar sekarang ini banyak tumpukan sampah yang berjejer di pinggir jalan raya Cianjur-Bandung. Seperti di Kampung Hegarmanah, Sukaluyu, Andir dan kampung lainnya yang ada di Desa Cibiuk.

Menurut Yandi, tumpukan sampah yang berada di piggir jalan raya tersebut bukan buangan yang  berasal dari warga Desa Cibiuk. Melainkan  warga luar Cibiuk yang membuang sampah tiap pagi sambil pergi ke pasar Ciranjang.

Hal itu sering diketahui para petugas ronda malam dan petugas piket Kantkor Desa Cibiuk. Sebab, warga Desa Cibiuk tidak mungkin membuanh sampah di pinggir jalan raya. Karena di setiap ke RT-an telah memiliki tempat pembuangan sampah.

“ Kami berharap, petugas kebersihan dapat segera mengangkut sampah yang berada di pinggir jalan, karena mengganggu lingkungan dan pengguna jalan raya, terlihat kumuh dan semberawut serta menimbulkan bau yang tak sedap,” kilah Yandi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here