Personel Kodam III/Silawangi Bersihkan Situ Cisanti

0
174
Untuk membersihkan Situ Cisanti dari eceng gondok, gagnggang merah dan sampah plstik. Prajurit TNI Kodam II Siliwangi menggunakan perahu karet

Laporan : Yatiman

Bandung, metronusantara.com – Personel Kodam III/Siliwangi, kembali mendatangi Situ Cisanti Desa Kertasari Kabupaten Bandung Barat. Kedatangan prajurit TNI AD ini untuk membersihkan Situ Cisanti sekaligus memperbaiki kualitas air dan ekosistem Sungai Citarum. Hingga Sungai Citarum mendapat predikat “ Sungai Terkotor Di Dunia “.

Karena itu, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Donni Monardo memerintahkan empat ratus prajurit untuk  membersihkan Situ Cisanti yang kini dipenuhi eceng gondok, ganggang merah dan sampah plastik. Untuk itu, para prajurit menggunakan perahu karet.

Menurut keterangan, air Citarum berasal dari tujuh mata aiar yang ada di Situ Cisanti. Ketujuh mata air itu, termasuk mata air purba karena berusia sekitar 12 juta tahun. Agar mata air tetap terjaga dan mencegah sedimentasi, prajurit menanam tanaman vetiver di sepanjang bibir danau. Sekaligus melarang masyarakat memancing di Situ Cisanti.

Untuk menjaga kebersihan Sungai Citarum, lanjut Donni Monardo, prajurit Maung Siliwangi harus memrbaiki dan menjaga Situ Cisanti. Karena air adalah sumber kehidupan yang tentunya kaulitas airnya harud benar-benar terjaga.

“ Untuk itu kami akan terus melakukan pembersihan di Situ Cisanti dan untuk penanganan serta perawatannya lebih lanjut, kami akan berkerjasama dengan dinas instansi terkait,” jelas Donni Monardo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here