Penjaringan Anggota Panwascam Dinilai Kurang Profesional

0
191
Kantor Panwaekab Cianjur

Laporan : Sam AS

Cianjur, metropuncaknews.com – Pelaksanaan penjaringan untuk pengurus Paswascam yang dilaksanakan Panwas Kabupaten Cianjur,  dinilai kurang profesional. Informasi yang dapat dihimpun, setelah selesai penjaringan dan dilantik, banyak pengurus dan anggota Panwascam yang keluar atau mengundurkan diri. Hal itu terjadi akibat rangkap jabatan.

Seperti halnya anggota Panwascam  Bojongpicung, Cianjur, Endang Hidayat Komisioner Devisi Pencegahan dan Hal Berhubungan Dengan Lembaga, dua bulan yang lalu resmi mengundurkan diri. Karena diketahui rangkap jabatan, yaitu anggota panwas dan pengurus PKH Kecamatan.

Tidak hanya itu saja, anggota Panwas Kecamatan Cibeber, Warungkodang dan anggota Panwas Kecamatan Sukaresmi ada yang mengundurkan diri pula. Hingga anggota Panwas di 4 Kecamatan ada kekosongan masing-masing satu orang.

Adanya anggota Panwascam yang mengundurkan diri karena rangkap jabatan itu, diawali dari kurang selektifnya dalam pelaksanaan penjaringan anggota panwascam. Selain itu juga diduga adanya pesanan dari pihak penguasa.

Untuk menstabilkan kinerja para  Panwscam, diharapakan Pawas Kabupaten Cianjur, segera melakukan penjaringan kembali atau mengangkat langsung yang berasal dari PAW yang berada di setiap kecamatan tersebut.

“ Selain itu Panwaskab harus menjaga netralitas dan integritas dalam melaksanakan tugasnya. Sekaligus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam berdemokrasi,”  ucap Fajrillah,  Ketua Cianjur Politic Watch.

Ketua Panwascam Bojongpicung, Iwa Kartiwa saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, memeng benar adanya bahwa anggota Komisioner Panwascam Bojongpicung, devisi pengawasan dan hal berhubungan dengan lembaga,  Endang Hidayat,  dua bulan lalu telah mengundurkan diri karena rangkap jabatan.

Karena itu, pihaknya saat melaksanakan tugas sebagai Panwascam agak sedikit kerepotan karena kekurangan petugas. Padahal, pihaknya telah melaporkan tentang hal tersebut pada pihak Panwaskab Cianjur. Namun hingga kini masih belum ada jawaban yang pasti. “ Mungkin masih adanya kesibukan lain atau menunggu keputusan dari Bawaslu Provinsi Jawa Barat,” ucap Iwa Kartiwa.

Sementara itu, Pawas Kabupaten  Cianjur, Hadi Dzikrinur saat dikonfirmasi melalui telpun seluler mengatakan, pihaknya mengrtahui kalau Panwascam Bojongpicung, Warungkondang, Pacet dan Cibeber, sekarang ini anggota devisinya ada kekosongan masing-masing Panwascam satu orang.

Menurut dia, semua itu telah dilaporkan dan diajukan  pada Bawaslu RI Jakarta. Namun hingga kini masih belum ada jawaban dan masih menunggu keputusan dari pihaknya. Hingga sampai saat ini belum bisa memastikan bagaimana cara melaksakan penggantinya. Apa dengan cara seleksi ulang atau menetapkan para PAW yang ada dimasing-masing kecamatan yang bermasalah.

“ Sebenarnya melaksanakan tugas Panwaslu itu dilaksanakan dengan proporsional, transparan dan tidak memihak pada salah satu pasangan Calon Gubernur Jawa Barat manapun,” ujar Hadi Dzikrinur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here