Pengendara Kendaraan Bermotor Wajib Membawa STNK & SIM

0
147

Laporan : Yatiman

Bandung, metronusantara.com – Bagi pemilik maupun pengendara kendaraan bermotor roda dua atau pun roda empat, wajib membawa Surat Tanda Nomor Kendaraam (STNK). Terutama, saat memakai kendaraan di jalan. Selain itu para pengendara kendaraan bermotor diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Bagi pemilik kendaraan bermotor yang STNK nya hilang, tak usah panik. Anda tinggal datang ke polsek atau polres untuk membuat laporan STNK yang Anda milik hilang. Selanjutnya minta petunjuk bagaimana caranya untuk mendapat pengganti STNKyang hilang.

Keterangan yang dilansir laman resmi NTMC Polri yang dirilis pada Jumat (6/12) menyebutkan, untuk mengurus STNK yang hilang diperlukan beberapa persyaratan. Diantaranya, KTP asli pemilik kendaraan. Photo copy STNK yang hilang, laporan kehilangan dari polsek atau polres setempat, BPKB asli dan photo copynya.

Jika semua persyaratan sudah dinyatakan lengkap, untuk prosedur pengurusan STNK yang hilang, pertama cek fisik kendaraan dan photo copy hasil cek fisik. Kemudian mengisi formulir pendaftaran. Mengurus cek blokir (surat keterangan STNK hilang dari Samsat) yang berisi keterangan keabsahan STNK terkait, Misalnya tidak sedang dicari polisi atau diblokir. Urus pembuatan STNK baru di loket dan bayar pajak kendaraan bermotor serta bayar biaya pembuatan STNK baru. Keterangan lebih lanjut dapat diminta di Samsat setempat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here