Pengajuan PKH Dinilai Tidak Efektif

0
27
Warga anrri untuk daftar agar dapat PKH di kantor desa

Laporan: Aldan

Cianjur, metronusantara.com – Program Keluarga Harapan (PKH) setiap tahunya bertambah sesuai dengan data yang diajukan pihak sekolah melalui pendamping. Namun hal tersebut dinilai tidak efektip. Pasalnya, masih banyak keluarga tidak mampu yang masih punya tanggungan tidak mendapatkannya. Hal tersebut terungkap saat calon penerima manfaat PKH meminta kelengkapan  persaratan domisili di Desa Cibadak Kecamatan Cibeber, Senin (8/1).

Kepala Desa (Kades) Cibadak Kecamatan Cibeber, Elan Hermawan mengatakan, pihaknya menyayangkan program PKH yang tidak tepat sasaran dan kurang efektif sesuai data yang diajukan.

” Karena pihak desa belum pernah dilibatkan, baik dalam pengajuan, apalagi pencairannya jadi tidak terkawal,” kata Elan.

Menurut dia, hal tersebut terkuak saat warganya mengadu ke desa karena ia merasa pernah diminta data-data untuk mendapatkan PKH. Namun kenyataannya, data yang keluar dari Kemensos bukan orang tersebut.
” Itu sering terjadi, bahkan warga yang benar-benar harus mendapatkan, malah tidak ada didata bes,” ujarnya.

Elan berharap, agar pendataan penerima manfaat harus benar-benar selektip dan tepat sasaran. Karena ini program pemerintah pusat untuk warga tidak mampu yang mempunyai tanggungan anak sekolah.
” Jadi saya meminta  intansi terkait lebih mantau lagi agar PKH benar-benar tepat sasar. Terlebih sekarang ini tidak ada lagi pungli di PKH,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here