Pendopo Kabupaten Cianjur Didemo Anggota SPRI 

0
266
Anggota SPRI saat melakukan demo di halaman Pendopo Cianjur

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantara.com  – Puluhan warga yang tergabung di Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) melakukan unjuk rasa di halaman Pendopo Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Senin, (11/12).
Para pengunjuk rasa menuntut Pemerintah Kabupaten Cianjur (Pemkab) memberikan biaya pengobatan gratis kepada pasien miskin yang hendak berobat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cianjur.
Para pendemo membawa poster yang bertuliskan “Kelas tiga harga mati”. Ditengah orasinya terlihat pengunjuk rasa sambil bernyanyi-nyanyi.
Sekretaris SPRI Herman Sulaeman mengatakan, unjukrasa yang mereka lakukan adalah unjukrasa lanjutan.  Sebelumnya, unjukrasa dilakukan untuk menagih janji Bupati Cianjur. Pada saat itu Bupati Cianjur berjanji akan menggratiskan layanan kesehatan kelas 3 di RSUD Cianjur. Namun janji tinggal janji. Kenyataannya hingga saat ini janji tersebut belum terealisasi.

“ Pada aksi unjukrasa bulan Januari lalu. Bupati Cianjur telah berjanji akan mengratisakan biaya rumah sakit kelas 3, di seluruh rumah sakit yang ada dibawah naungan pemerintah daerah Kabupaten Cianjur. Namun sampai saat ini realisasinya belum ada, cuman janji janji saja,” kata  Herman dengan nada naga tinggi.

Menurut dia, di Kabupaten Cianjur masih banyak masyarakat miskin yang berobat ke RSUD Cianjur.Tapi  pembiayaanya malah diarahkan ke BPJS mandiri.

“ Sedangkan masayarakat miskin yang betul-betul butuh pengobatan dan tidak memiliki akses BPJS mandiri tentu itu akan merasa keberatan, dan banyak warga yang mengeluhkan kejadian seperti itu,” kataya
Selang kemudian, para pengunjuk rasa yang tengah melakukan orasi, akhirnya  ditemui oleh Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman. Wakil Bupati Cianjur menjamin mulai bulan Januari 2018 seluruh warga miskin di Cianjur bisa berobat secara gratis di RSUD Cianjur.
“ Pemerintah  Kabupaten Cianjur sudah menganggarkan biaya Rp 15 milyar. Jadi bagi masyarakat miskin pada tahun 2018 bisa gratis berobat ke RSUD Cianjur dengan catatan masuk ke kelas 3,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here