Pembentukan Sekaligus Pengukuhan TPID Kecamatan Cibeber

0
35
Suasana saat pemilihan Ketua dan Pengurus TPID Kecamatan Cibeber berlansung

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantara.com – Delapan belas desa se Kecamatan Cibeber Cianjur Jawa Barat, ikuti pembentukan sekaligus pengukuhan  Tim Program Inovasi Desa (TPID) dalam musyawarah antar desa (MAD)  di Aula Desa Cihaur, Jumat (24/11).

Pengurus TPID Kecamatan Cibeber tersebut terpilih dari masing -masing desa. Diantaranya 3 orang perempuan, 4 laki-laki dari 14  peserta yang mendaftar.

Selain itu, peserta terpilih, mengikuti sesi pertanyaan  visi misi oleh tim penilai. Yaitu diantaranya Sekmat Cibeber Cibeber, kepala desa dan BPD yang langsung memberikan nilai.

Sementara itu, para pengurus TPID akan memdapatkan Surat Keputusan (SK) langsung dari Camat Cibeber.

Ketua Panitia Pembentukan TPID Syahid Ridwan mengatakan, pembentukan TPID kecamatan ini sesuai dengan Kepdes no 83 tahun 2014 untuk menggali inovasi dan potensi desa.” Kerena Desember nanti akan ada bursa di kabupaten,” kata Syahid

Menurut Syahid, dengan terbentuknya tujuh tim ini, terdiri dari ketua dan pengurus TPID Kecamatan, bisa membantu kemajuan di desa dengan mengembangkan bumdes, sarana olahraga dan potensi lainnya. “Semoga saja setelah terbentuknya TPID kecamatan, desa bisa lebih maju lagi,” ucapnya.

Sementara itu Camat Cibeber Supardan mengatakan, setelah pengukuhan tim TPID kecamatan, pihaknya langsung  membuat SK untuk ketua dan pengurus. Maka dengan demikian pengurus YPID dapat segera bekerja untuk ikut membantu 18 desa yang ada di Kecamatan Cibeber.

” Kalau sudah dikukuhkan dan diberikannya SK ketua dan para pengurus, TPID langsung bekerja untuk membantu potensi desa. Selain itu ikut dalam pengawasan penerapan anggaran dana desa juga,” ujar Supardan.

Lebih lanjut Supardan mrngatakan, sementara ini masih banyak potensi yang belum terangkat. Maka dengan adanya tim TPID bisa membantu desa-desa untuk menjadi lebih maju. Karena anggaran ke tiap desa sekarang lebih besar.

” Jadi kami berharap tim TPID dengan kades bisa bersinergi. Untuk memajukan desanya sendiri,”pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here