Pembangunan Pengelolaan Air Bersih, Sejak 2016 Tak Kunjung Selesai

0
75

Laporan : Rudiawan/Najib

Cianjur, metronusantaraonline – Warga Desa Sukajaya dan Warga Desa Cikondang, Kecamatan Bojongpicung mengeluh. Pasalnya Pembangunan Water Treatment Plane (WTP) pengelolan air bersih sejak tahun 2016 tak kunjung selesai.

Pantauan Metro Nusantara Online di Desa Cikondang, (19/9/2017)kran air yang dipasang berdekatan dengan meteran air, tampak kering. Beberapa penutup meteran air berwarna biru dengan tulisan PDAM, terlihat sudah kusam. Meteran tersebut ada yang dipasang di halaman rumah, akan tetapi juga ada yang di kebun milik warga yang letaknya bersisihan dengan jalan setapak. Apabila penutup meteran dibuka, tampak deretan angka yang sebagian besar menunjukkan angka nol.
“ Sudah setahun lebih airnya tidak keluar.Padahal waktu pemasangan, petugas menjanjikan air bakal mengalir pada bulan Januari 2016, hingga saat ini ternyata air tidak juga keluar,” tutur Opik (38) warga Kampung Sukamaju Desa Cikondang
Opik mengaku tertarik memasang atau menjadi pelanggan PDAM dengan harapan setelah jaringan dipasang, air dapat segera dikucurkan di tempat itu.
“Warga disini kesulitan air bersih, terutama saat musim kemarau. Kami juga tertarik, karena air yang dialirkan sudah siap minum. Mestinya janji itu harus ditepati,” tambahnya.
Anggota BPD Cikondang Supyan  menambahkan, sudah satu tahun pembangunan pengelolaan air bersih di Desa Sukajaya belum juga beroprasi.
“ Baru terpasang pipah, akibatnya banyak warga yang datang ke kantor Kepala Desa Cikondang menanyakan hal itu, hingga saat ini kami belum bisa menjelaskan kepada warga terkait kapan oprasinya, karena kami belum menerima informasi yang jelas dari PDAM,”katanya
Lanjut Supyan, sementara ini pipa dan kilometer yang sudah terpasang namun tidak dapat digunakan karena belum teraliri air.
“ Ada 150 warga Desa Cikondang yang sudah mendaftarkan menjadi pelangga PDAM pada tahun 2016 lalu, saat ini mereka meminta kepastian kapan beroprasinya pengelolan air bersih milik PDAM Kabupaten Cianjur yang berada di Desa Sukajaya, apalagi saat ini di Cikondang mengalami kekeringan sebagin sumur warga sudah mengering,”pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here