Panitia Pilkades Harus Netral, Tidak Boleh Memihak

0
186
Pelantikan panitia Pilkades Mekargalih

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahap pertama di Kabupaten Cianjur, menurut rencana akan dilaksanakan pada April 2018 mendatang. Pelaksanaannya dilakukan secara serentak. Karena itu seluruh BPD  yang ada di Kecamatan Ciranjang, khususnya yang  akan melaksanakan Pilkades, Kamis (04/01),  melaksanakan pelantikan panitia Pilkades. Ada pun panitia Pilkades yang dilantik adalah panitia Pilkades Sindangjaya, Mekargalih dan Ciranjang. Sedangkan acara pelantikannya dilaksanakan di aula desa masing-masing.

Ketua Asosiasi Badan Permusyawatan Desa Nasional (ABPEDNAS)  Kabupaten Cianjur, Rini Pujiastuti, setelah selesai menyaksikan pelantikan panitia Pilkades  Mekargalih,   mengatakan, pihaknya mengharapkan seluruh  panitia Pilkades tidak diperkenankan adanya keberpihakan pada salah seorang calon Kades. Panitia Pilkades harus melaksanakan tugasnya sesuai aturan yang berlaku dan jurdil.

Karena bila ada yang keberpihakan pada salah seorang  calon Kades,  nantinya akan ada calon kades  yang dirugikan. Selain itu juga akan menimbukan hal  yang tidak diharapkan semua pihak dan pihak pemerintah akan dirugikan pula.

Namun, lanjut Rini, pihaknya percaya sepenuhnya pada panitia Pilkades Mekargalih, dan panitia Pilkades Sindangjya Kecamatan Ciranjang. Karena seluruh BPD membentuk panitia dengan cara selektif dan dengan penuh rasa tanggung jawab. “ Hingga seluruh panitia Pilkades mampu melaksanakan tugasnya dengan benar dan penuh rasa tanggung jawab,” tutur Rini.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Ciranjang, Deni Suherman (38) setelah dilantik mengatakan, pihaknya bersama 14 orang anggotanya akan melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku. Jurdil juga akan  melaksanakan sesuaikan dengan tahapan.

Untuk itu, pihaknya meminta pada pihak BPD, adanya tambahan  anggota. Karena hak pilih Desa Ciranjang cukup banyak, sekitar 15 ribu dari jumlah penduduk sebanyak 19 ribu.

“ Bila ditambah, mungkin seluruh anggota Panitia Pilades Cianjang harus bekerja ektra keras, fokus dan bekerja secara  jurdil,” kata Deni.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here