Panitia Pilkades Cibaregbeg Siap Laksanakan Pemilihan Yang Demokratis

0
31
Ketua Panitia terpilih & pengurus pelaksana Pilkades Cibaregbeg disumpah,sebelum dilantik Ketua BPD

Laporan : Aldan

CIANJUR, metronusantara.com – Mengingat akan habisnya masa jabatan Kepala Desa Pemilihan Antar Waktu (PAW), Desa Cibaregbeg Kecamatan Cibeber Cianjur Jawa Barat, maka Desa Cibaregbeg termasuk desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Serentak di 2018 mendatang.

Ketua BPD beserta anggotanya tadi siang melaksanakan pembentukan Ketua Panitia Pilkades. Acara tersebut dihadiri para Ketua RT, RW, LPM, Karangtaruna, Staf Desa, Babinsa, Babinkamtibmas danunsur Muspika Cibeber. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Desa Cibaregbeg, Rabu (29/11).

Meskipun alot dalam penentuan ketua panitia, namun BPD berhasil untuk mengukuhkannya. Setelah menjaring 17 orang yang mewakili dari empat kedusunan. Pemilihan dilakukan dengan sistem voting. Maka muncul satu nama untuk dijadikan ketua panitia diajang pemilihan kades serentak nanti.

Ketua BPD Cibaregbeg Solehudin mengatakan, dalam pembentukan panitai pilkades serentak ini, terjaring dari empat kedusunan yang diwakili dari 17 orang untuk ikut menjadi panitia pelaksana.

” Dan alhmdulilah walaupun tadi agak sedikit alot dalam penentuan ketua panitianya ,diakhir ada musyawarah untuk mupakat. Sehingga kami bisa melantiknya dan sekaligus mengukuhkan struktur kepengurusan panitia pelaksana pilkades Cibaregbeg serentak,” kata Solehudin.

Menurut Solehudin, pelantikan sekaligus pemberian Surat Keputusan (SK) terhadap ketua panitia dan para pengurus pelaksana pilkades serentak langsung kami lakukan. Pemberian SK itu dilakukan dihadapan Muspika Cibeber dan masyarakat Cibaregbeg yang hadir.

” Karena pembentukan ketua panitia pilkades ini kewenangan BPD sesuai peraturan bupati (Perbup red),” ujarnya.

Selain itu Kasi Pemerintahan Kecamatan Cibeber Saripudin menjelaskan, untuk penentuan penjaringan bakal calon (Balon) menunggu dulu intruksi dari dinas PMD yang sekarang lagi dalam penggodogan di kabag hukum. Setelah ada hasil, akan segera dibuatkan surat  ke setiap  ketua panitia pilkades yang akan melaksanakan pilkades serentak di 2018 nanti.

” Kalau pelaksanaan pilkadesnya, kami juga masih menungu tahapan berikutnya. Karena akan menjelang pemilukada atau pilgub. Jadi nunggu intruksi berikutnya,” kata Saripudin.

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam sesi pendaftaran balon tentunya ada aturan-aturan yang akan diterapkan oleh panitia pilkades. Itu semua nantinya akan disepakati para balon itu sendiri.

” Seperti ada balon lebih dari 5 maka panitia pilkades harus mengadakan seleksi. Tapi kalau panitia tidak siap untuk membuat soal-soal seleksi maka bisa dilimpahkan ke kecamatan. Misalkan kecamatan pun tidak siap bisa dilimpahkan langsung ke dinas PMD yang nantinya akan bekerjasama dengan perguruan tinggi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Cibaregbeg terpilih Dadan Mulyadi mengatakan, pihaknya akan mengemban amanah. Apalagi setelah terpilih menjadi ketua panitia. Dadan bertekad, menyelenggarakan Pilkades Cibaregbeg  secara demokratis.

” Hal itu sesuai harapan masyarakat. Setelah terpilihnya pemimpin atau kades baru nanti bisa mensejahtrakan dan menjadikan Cibaregbeg lebih maju,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here