Pada Jambore Nasional Kebangsaan & Wirausaha Pemuda & Mahasiswa Dilatih Berdaya Juang Wirausaha

0
62
Jambore Nasional Kebangsaan dan Wirausaha, di Bumi Perkemahan Mandalawangi,

Liputan : Aldan

Cianjur, metronusantara.com – Sebanyak 5.000 peserta dari organisasi kepemudaan dan organisasi kemahasiswaan mengikuti acara Jambore Nasional Kebangsaan dan Wirausaha, di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Rabu (25/10). Kegiatan tersebut akan digelar sampai dengan Minggu (29/10).

Jambore Nasional Kebangsaan dan Wirausaha tersebut digelar bertujuan untuk memotivasi pemuda dan mahasiswa di Insonesia memiliki daya juang berwirausaha dan mendominasi perekonomian.

Selain itu, Jambore Kebangsaan dan Wirausaha yang bertajuk “Bersatu, Kreatif, Jayakan Indonesia”,itu merupakan gagasan dari generasi muda untuk menjawab berbagai persoalan bangsa.

Hadir pada acara tersebut sekaligus membuka acara Mendagri Tjahyo Kumolo. Selain itu hadir langsung  Kapolda Jawa Barat, Tokoh Senior Kemahasiswaan angkatan 66 Akbar Tanjung, Kapolres Cianjur, Dandim 0608 Cianjur, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Jambore Kebangsaan dan Wirausaha Nasional Agus Harta mengatakan, terlaksananya kegiatan Jambore Kebangsaan dan Wirausaha bagi seluruh mahasiswa dan pemuda Indonesia ini, buah dari pemikiran 15 organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan.

“Kami menginginkan di era globalisasi saat ini yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asen (MEA), kami ingin pemuda dan mahasiswa Indonesia berpikir untuk memajukan ekonomi Indonesia, kami tidak ingin tergilas dengan adanya MEA yang mendominasi perekonomian Indonesia. Kami ingin bertarung dan ingin mendominasi perekonomian di Indonesia,” ujar Agus Harta

Lebih lanjut Agus Harta mengatakan, dalam kegiatan tersebut  dihadirkan beberapa kementerian yang ada kaitannya dengan kebangsaan dan wirausaha. Selain itu, hadir pula tokoh-tokoh muda yang bergerak di bidang kewirausaahaan dan mereka bergerak sebagai pengusaha muda di Indonesia.

“Hal itu kami hadirkan semata mata untuk memberikan motivasi kepada seluruh pemuda dan mahasiswa di Indonesia,” kata dia

Menurut dia, setelah acara ini akan ada evaluasi bagi peserta kewirausahaan. Untuk itu, pihaknya akan mengembangkan serta mencoba untuk mensinergikan dengan pemerintah.

“ Ada 2.000 calon pengusaha muda dan mahasisawa Indonesia yang perlu diperhatikan oleh pemerintah,” katanya.

Menteri Dalam Negri Republik Indonesia, Tjahyo Kumolo, mengatakan, pemuda dan mahasiswa merupakan bagian dari elemen bangsa yang tentunya ada dimana-mana, khususnya di Negara Indonesia.

Khusus mahasiswa dan pemuda yang mengikuti kegiatan Jambore mereka tidak hanya berkumpul untuk membangun kebersamaan dan juga kebangsaan saja. Namun nantinya juga adanya pelatihan-pelatihan khususnya pelatihan tentang kewirausahaan.

“ Dengan harapan mereka akan lebih mandiri dan membangun bangsa untuk lebih baik lagi,” kata Tjahyo Kumolo.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, sangat mengapresiasi kegiatan Jambore yang digelar di Cianjur. Pihaknya atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Cianjur menyambut baik dengan diadakannya Jambore kebangsaan dan wirausaha ini. Mudah-mudahan ini akan menjadi motivasi khususnya bagi mahasiswa yang ada di Cianjur.

“ Sehingga dengan ekonomi kreatifnya bisa menciptakan lapangan pekerjaan dan bisa mempekerjakan masyarakat khususnya di Kabupaten Cianjur, sehingga beban pemerintah pun akan berkurang,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here