“Ngarewong” Santuni Anak Yatim Piatu

0
153
Ngarewong Santuni anak yatim piatu

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantara.com – Sebanyak 173 anak yatim piatu  dari tiap-tiap daerah di santuni Komunitas Insan Peduli Yatim Ngarewong. Acara tersebut dilaksanakan di Kampung Cicadas RT 04/04 Desa Cikondang Kecamatan Bojongpicung Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Minggu (15/10).

Agenda tahunan  tersebut merupakan kebiasaan bagi pemuda-pemudi yang ada di Ngarewong. Untuk berbagi dengan anak yatim piatu. Acara itu terselenggara dengan sistem menabung dari masing-masing anggota. Jika sudah terkumpul baru diserahkan ke panitia melalui Ketua Komunitas Insan Peduli yatim Ngarewong.

Kegiatan ini dilakukan para anggota mulai dari tua muda ikut menyisihkan rizkinya demi terlaksana  kegiatan yang ke tujuh kalinya. Pemberian santunan itu digelar setiap tahun menjelang awal bulan Tahun Hijriah.

Acara berlangsung, selain dari komunitas turut hadir Kepala Desa Cikondang Amud Saripudin, Camat Bojongpicung Pujo Nugroho. Selain itu, nampak hadir pula anggota DPRD Kabupaten Cianjur H.Sapturo mendampingi pejabat daerah yang mewakili Bupati Cianjur.

Kedua pejabat teras Kabupaten Cianjur itu terharu menyaksikannya. Bahkan tidak sedikit yang meneteskan air mata saat  ratusan anak yatim disantuni.

Ketua Panitia Santunan Yatim Piatu, Dede Hilman mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua unsur terutama para anggota Insan Peduli Yatim Ngarewong dan donatur yang telah menyisihkan rizkinya setiap tahunnya.

Karena dari dana yang dikumpulkan itu, pihaknya bisa menyelenggarakan kegiatan ini. Hingga acara pemberian santunan pada anak yatim piatu dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

” Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang turut serta dalam kegiatan ini, khususuanya para anggota Ngarewong yang telah menyisihkan rizkinya  demi menyantuni anak yatim,” kata dia disela kegiatan berlangsung.

Menurut dia, acara santuni anak yatim tersebut sudah menjadi agenda tahunan. Acara itu biasa diselenggarakan dengan melibatkan para anggota mulai dari yang muda sampai tua ikut berperan aktif. Terutama dalam penggalangan dana termasuk dengan menggalakan anggota menabung.

“ Acara ini sudah menjadi agenda tahunan untuk menyantuni anak yatim.Bahkan ini sudah ke tujuh kali,” ujarnya.

Sementara itu Camat Bojongpicung Pujo Nugroho  mengatakan, gagasan acara santuni anak yatim yang di selenggarakan komunitas tersebut  sudah berjalan 7 tahun. Biasa diselengarakan tepat pada awal bulan  Muharam menjelang tahun baru Islam1439 Hijriah.

” Ini sudah jadi gagasan kegiatan santuni anak yatim setiap tahun, bahkan sudah berjalan 7 tahun,” ujar Pujo Nugroho

Menurut Pujo, santuni anak yatim ini bertujuan untuk menyayangi anak yatim dan sudah menjadi kewajiban kita untuk mrnysntuni mereka. Karena jangan hanya menyayangi saja, sebagai umat muslim harus mau barbagi rizki dengan mereka. “ Semoga yang diluar sana yang belum berbagi sama anak yatim bisa terketuk hati bisa menyisihkan sedikit rizkinya,” kata Pujo Nugroho

Hal senada diungkapkan Dewan Pembina Komunitas Insan Peduli Yatim Ngarewong  H. Supyan. Menurut dia, kegiatan ini biasa dilakukan jelang tahun baru Islam. Salah satu programnya adalah menyantuni anak yatim dari setiap anggota dan para donatur yang ikut partisipasi dalam kegiatan ini.

Untuk itu, lanjut H.Supyan, para anggota  menabung dan terkumpul di panitia kegiatan. Selain itu, ada pula donatur yang terketuk hatinya dan ikut menitipkan rizkinya untuk menyantuni anak yatim.

  1. Supyan berharap, ditahun berikutnya acara santuanan yatim ini bisa meningkat. Bagi Siapa saja yang belum berbagi dengan anak yatim bisa terketuk hatinya melewati santunan yang sekarang digelar.

” Saya berharap, kegiatan santunan pada tahun berikutnya ada peningkatan lagi dan semoga saja yang belum mau berbagi dengan anak yatim terketuk hatinya melewati santunan yang sekarang digelar,” harapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here