Muspika Haurwangi Gelar Jumsih di Taman Asmaul Husna

0
47
Muspika Haurwangi dan jajarannya beserta masyarakat melaksanakan kegiatan Jumsih di Taman Asmaul Husna

Liputan : Sam

Cianjur, metronusantara.com – Jumat Bersih (Jumsih) merupakan  program  Muspika Kecamatan Haurwangi,  yang rutin dilaksanakan sepekan sekali pada  Jumat pagi. Seperti halnya pada Jumat (27/10) kemarin, pejabat Muspika Haurwangi, beserta  para kepala OPD, Para Kepala  Desa, Ormas Pemuda, Pelajar SMP, SMK Nurul Hidayah Pasundan,  menggelar kegiatan Jumsih di taman Asmaul Husna di pinggir kiri kanan jalan  raya eks tol Citarum  sampai Rest Area Citarum.

Jumsih tersebut, dilakukan tiada lain merupakan suatu kepedulian Muspika Haurwangi dan jajarannya beserta masyarakatnya  terhadap kebersihan lingkungan. Termasuk membersihkan sampah yang dibuang  oknum warga setempat,  pengguna jalan raya  dan pengunjung yang ngongkrong di Taman Asmaul Husna.

Camat Haurwangi Iwan Karyadi mengatakan, gerakan Jumsih dilakukan sepekan sekali. Tepatnya pada Jumat pagi setelah melaksanakan olah raga senam pagi dan  jalan sehat. Lokasinya berpindah pindah, tidak selamanya di taman Asmaul Husna saja.

“ Seperti Jumsih pekan sebelumnya dilaksanakan di pinggir jalan raya yang berbatasan dengan Kecamatan Ciranjang, pinggir jalan depan Kantor Kecamatan sampai rel kereta api dan sekarang di lokasi taman Asmaul Husna,” kata Iwan Karyadi.

Lebih lanjut Iwan mengatakan, setiap Jumsih selalu dibarengi para OPD, Kepala Desa beserta aparaturnya, Ormas, pelajar sekolah dan masyarakat setempat.  Hal itu dilakukan, karena kebersihan itu merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk masyarakat.

Selain itu, masih kata Iwan, kebersihan itu merupakan sebahagian dari iman dan kebersihan  sebagai pangkal kesehatan juga merupakan keindahan lingkungan itu sendiri. Karena itu setiap Jumsih selalu melibatkan tokoh masyarakat, supaya tiap hari masyarakat setempat tidak sembarangan membuang sampah tidak pada tepatnya.

Maka kalau masyarakat  sudah tumbuh kesadarannya di sepanjang jalan, taman Asmaul Husna, Rest Area, depan kantor, di lingkungan pemukiman masyarakat,   akan terlihat indah, asri dan nyaman serta enak dipandang mata.

“ Maka dengan dilaksanakannya Jumsih tiap pekan, diharapkan seluruh warga Kecamatan Haurwangi akan semakin mencintai kebersihan hingga Cianjur maju dan agamis akan tercapai dengan baik,” kata Iwan.

Sementara itu, Ketua Ranting Ormas Pemuda Kecamatan  Haurwangi  Wahyu Setiadi yang akrab disapa kang Idam (45) menambahkan, gerakan Jumsih itu sangat bermanfaat sekali. Karena selain tubuh merasa bugar juga lingkungan yang dibersihkan terlihat indah dan asri.

Kang Idam menegaskan, pihaknya  berserta  seluruh anggotanya,  akan selalu siap ikut melaksanakan Jumsih yang di perakarsai pihak Muspika Haurwangi.

“ Bahkan  bila diperlukan, kami siap pula untuk menjaga,  mengamankan dan membersihakan sampah di  taman  Asmaul Husna  yang di pasang  di tebing pinggir jalan raya,” ucapnya,

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here