MUI &  UPZ Kecamatan Ciranjang Gelar Musyawah Program Kerja 

0
195
MUI dan pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) desa se Kecamatan Cirajang gelar pertemuan di Masjid Jamie YPI Aridho Desa Mekargalih

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – Seluruh pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) desa se Kecamatan Cirajang, Kamis (01/02) gelar musyawarah program tahunan MUI,  UPZ dan silaturahmi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Masjid Jamie YPI Aridho Desa Mekargalih.

Musyawarah program tersebut, dihadiri Muspika, Ketua MUI, Kepala KUA, para kepala desa, pengurus MUI desa se Kecamtan Ciranjang dan undangan lainnya.

Saat musyawarah berlangsung, khususnya pada acara tanya jawab para peserta banyak  yang melontarkan pertanyaan hingga suasanya terkesan hidup.

Ketua UPZ Kecamatan Ciranjang KH. Acep Numan mengatakan, dilaksanakannya musyawarah para pengurus MUI desa se Kecamatan Ciranjang bersama pengurus UPZ itu merupakan merupakan pertemuan tahunan. Acaranya membahas tentang rencana  program kerja MUI selama 2018.

Seperti, melaksanakan pengajian rutin  disetiap DKM dan pengajian khusus di setiap desa. Menargetkan penerimaan zakat mal, harta, niaga, zakat fitrah, infak dan sodaqoh. Pada acara itu, UPZ Kecamatan Ciranjang telah menargetkan penyetoran zakat pada  2018 senilai Rp. 65 juta. Tapi pendapatan yang sebenarnya harus melebihi yang ditargetkan. Karena mustahik yang ada di Kecamatan Ciranjang wajib diberi hasil dari zakat.

Karena itu, pihaknya dalam waktu dekat akan membentuk pengurus perwakilan UPZ di setiap desa. Disetiap kantor dinas, kantor kecamatan, Polsek,  Koramil, juga sekaligus akan membenahi kepengurusan MUI tingkat desa yang ada di Kecamatan Ciranjang.

Sementara itu, Kapolsek Ciranjang Kompol S. Lubis menambahkan, peran pengurus MUI dan Ulama itu sangat dibutuhkan pihak pemerintah dan masyarakat. Karena peran aktif MUI dan ulama sangat membantu. Seperti halnya mencegah adanya minuman keras, Nakoba, kekerasan terhadap sesama, peduli terhadap sesama dan pencegahan lainnya.

Maka dengan adaya itu, pihaknya mengajak pada seluruh pengurus MUI kecamatan,  desa, ulama, para ustadz, pengurus UPZ dan seluruh warga Ciranjang, untuk saling bergandengan tangan. Menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan. “ Termasuk mengenai kenakalan remaja,” ucap Lubis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here