Menteri Sosial Pastikan Bansos Rastra Gratis

0
118

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantara.com – Menteri Sosial (Mensos) RI  Idrus Marham pastikan Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) tidak dipungut biaya alias gratis.

“ Semua biaya yang diperlukan untuk distribusi Bansos Rastra telah ditanggung seluruhnya oleh pemerintah. Jadi semuanya gratis tidak ada pungutan apapun,” kata Idrus kepada wartawan saat kunjungan kerja di Gedung Herlina Mutiara, jalan Pramuka, Desa Bobojong, Kecamatan Karangtengah Cianjur, Rabu (28/2).

Lebih lanjut Idrus mengatakan, tidak ada alasan lagi biaya pendistribusian dalam Bansos Rastra. Sudah ada ikatan kerjasama dengan pihak Bulog untuk pendistribusian. Seluruhnya menjadi tanggung jawab pihak Bulog.

“ Siapa pun yang memungut biaya, yang meminta rakyat bayar. Sesuai ucapan Presiden Jokowi, orang-orang seperti itu harus diberikan tindakan tegas, karena telah menghambat pemenuhan hak-hak rakyat,” tegas Idrus.

Jika dalam pelaksanaannya memang terdapat temuan dugaan penyelewengan bantuan sosial, agar segera ditindak dengan tegas, siapa pun dia. Karena itu akan menjadi penghambat pemenuhan hak bansos.
” Laporkan segera kepada Pemda jika terjadi di daerah, jika perlu laporkan ke rekan-rekan media. Sehingga tidak bisa melakukan kongkalikong lagi,” ucap Idrus.

Selain itu, Idrus menambahkan, ada sekitar 40 ribu pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) yang sudah dilatih untuk mendampingi penyaluran dan pencairan dana PKH tersebut.

” Sehingga mereka harus berkeliling untuk mendata warga miskin agar terdaftar diprogram PKH,” katanya.

Ia mengatakan, ada sekitar 134 ribu penerima manfaat dana PKH di Kabupaten Cianjur dengan total uang yang dicairkan sebesar Rp 298 miliar. Dia berharap dalam pencairan dana tersebut semua pihak ikut mengawasi.
” Jika ada kejanggalan silahkan laporkan saja, agar tidak ada lagi kongkalikong,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here