Madya & Ratnasih Pernah Tinggal di Pabrik Genteng Selama 10 Tahun

0
184
Pasutri Madya & Ratnasih kini tinggal di bilik yang tidak layaj huni. Itu pun nempel di rumah saudaranya

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantara.com – Pasangan suami isteri (pasutri) Ratnasih (75) suami Madya (85) warga Kampung Ciluncat RT 02/01 Desa Cibadak Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur Jawa Barat terpaksa harus tinggal di rumah ukuran 5 X 1,5 meter milik Budiman (31). Setelah tinggal di Lio (pabrik genteng) yang sudah ambruk 10 tahun yang lalu.

Karena keterbatasan ekonomi pasutri  yang keseharian pemulung rongsokan (barang bekas) ini, tingal di ruangan yang pengap. Atap gentengnya rapuh dan bocor. Nampak, pakaian bekas berserakan dan dinding luarnya ditutupi bekas pamplet agar angin tak masuk.

” Ada tempat tinggal saja bagi kami sudah bersyukur, walau pun ini milik saudara,” ujar Ratnasih

Menurut Ratnasih, sebelum tinggal dirumah sekarang, ia pernah tinggal di pabrik genteng milik warga hampir 10 tahun. Namun setelah ambruk ada warga yang peduli, tidak lain masih saudaranya. Karena itu dibangunkan tempat tinggal di belakang (nempel).

” Sekarang alhamdulilah pengap-pengap juga ada tempat tinggal, kalau dulu kami tinggal di pabrik genting punya tetangga,”katanya.

Hal senada diungkapkan pemilik rumah Budiman (31). Ia menambahkan, pihaknya merasa prihatin melihat kehidupan saudaranya bertahun-tahun tidak punya tempat tinggal. Bahkan pernah menempati lio (tempat pembuatan genting).

Setelah lio itu ambruk, kami bersama isteri berembuk untuk membangunkan tempat tinggal seadanya walau pun nempel di belakang.

” Kami merasa prihatin dengan kehidupan pasutri Ratnasih yang keseharian hanya tukang pulung rongsokan. Bahkan untuk makannya saja mereka susah,” ucap Budiman.

Menurut dia, sudah hampir 6 tahun mereka tinggal nempel dirumah itu. Budiman berharap, pemerintah atau donatur bisa terketuk hatinya untuk membantu keluarga pasutri Ratnasih yang tidak punya tempat tinggal.

” Mereka sudah 6 tahun tinggal nempel dirumah kami,dengan segala keterbatasan kami berharap baik pemerintah atau donatur bisa membantukan tempat tinggal bagi pasutri Ratnasih,” harapnya.

Sementara itu Kepala Desa Cibadak Elan Hermawan memgatakan, pihaknya akan segera mengajukan Rutilahu ke Pemkab Cianjur, Supaya secepatny mencari solusi agar warganya bisa tinggal ditempat lebih layak.

” Kami akan segera mengajukan ke Pemkab Cianjur supaya pasutri Ratnasih bisa tinggal di tempat yang lebih layak dan punya tempat tinggal,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here