LKP Elka Grandiart Siap Wujudkan  Masyarakat  Miliki Keterampilan

0
220

Laporan     : Yani Itiani

Cianjur,  metronusantara.com – Lapangan kerja di negara tercinta kita ini masih dirasakan sangat sempit. Jangankan mereka yang hanya jebolan SMA yang jebolan perguruan tinggi pun masih banyak yang nganggur alias belum memiliki pekerjaan.

Menurut keterangan, hal itu terjadi karena keahlian dan Sumber Daya Manusia (SDM) para pencari kerja masih dinilai kurang. Selain itu, juga tidak memiliki kompetensi di bidang keterampilan. Sedangkan para pengusaha hanya mau memperkejakan mereka yang memiliki keahlian, keterampilan dan SDM yang sesuai dengan dunia kerja.

Melihat kenyataan tersebut, Dra.  Siti Kulsum, warga Jl. KH. Saleh RT.02/02 Kp. Leles Desa Sukamanah Kec. Karangtengah Cianjur, merasa terpanggil untuk membantu mereka khususnya mereka yang tidak memiliki keahlian dan SDM yang sesuai dengan dunia kerja.

Untuk itu, Bu Lukman, demikian panggilan akrab Siti Kulsum, mendirikan Lembaga Kursus dan Pelatihan “ELKA GRANDIART” yang berlokasi di Jl. KH. Saleh RT.02/02 Kp. Leles Desa Sukamanah Kec. Karangtengah Cianjur.

Bu Lukman mengatakan, LKP yang dipimpinnya berdiri sesuai surat izin dan berdasarkan akte notaris. Tepatnya, 03 November 2008, Akta Notaris Nomor 2, Drs. U. Burdah Atori, SH, M.Kn.

Ada pun visi yang diusungnya adalah, “  Mewujudkan masyarakat yang memiliki kompetensi dalam bidang keterampilan agar dapat hidup mandiri serta mampu meningkatkan derajat sosial ekonomi untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Alloh SWT ”.

Sedangkan misinya, a. Menggali potensi sumber daya manusia agar dapat berkompetisi dengan kompetensinya. b. Mendorong masyarakat yang memiliki keterampilan untuk menciptakan lapangan kerja. c. Mengembangkan kecakapan hidup masyarakat sehingga dapat menumbuhkan kemandirian. d. Menanamkan rasa percaya diri bahwa keterampilan yang dimiliki bisa membantu mengangkat harkat ekonomi keluarga. e. Menciptakan masyarakat untuk selalu bisa dan f. mengembangkan berbagai macam kemampuan di era globalisasi yang penuh dengan persaingan.

Ada pun jenis keterampilan yang diselenggarakan di LKP ELKA GRANDIART diantaranya, Tata Rias Pengantin (TRP) Ijin 421.9/106/PLS/KAB/2008. b. Tata Kecantikan Rambut (TKR) Ijin 421.9/283.a/PLSPO/KAB/2012. c. Menjahit (Tata Busana) Ijin no. 563/438/DSTKT/2012 .

Status Akreditasi : a. Terakreditasi BAN PNF dengan kualifikasi C. b. Terakreditasi di bawah DISNAKERTRANS dengan kualifikasi B. Sedangkan Status Penilaian Kinerja, LKP Elka Grandiart sudah dinilai dengan hasil kinerja C. Selama kiprahnya di bidang kursus dan pelatihan, LKP Elka Grandiart telah meraih berbagai prestasi.

Diantaranya, 1). LKP terbaik bidang TRP pada lomba keteladanan pendidikan non Formal dan Informal Wilayah II Kec. Karangtengah tahun 2012. 2). Juara I Lomba LKP Berprestasi Tingkat Kec. Karangtengah tahun 2015. 3). Juara I Lomba LKP Berprestasi Tingkat Kab. Cianjur tahun 2015. 4). Juara I Lomba LKP Berprestasi Tingkat Korwil I Bogor tahun 2015 dan 5). Juara Harapan I Lomba LKP Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2015.

Bu Lukman juga menegaskan, bagi warga yang kurang beruntung, tak perlu sungkan untuk datang dan belajar di LKP Elka Grandiart. Karena di lembaganya ada paket khusus untuk mereka yang tidak mampu. Semuanya telah disiapkan dan tidak dipungut biaya. “ Tinggal mau belajarnya saja,” tutur Bu Lukman.

Nah, bagi Anda yang masih ingin belajar agar bisa hidup mandiri, silahkan datang ke LKP Elka Grandiart. Di sana Anda akan ditempa untuk menjadi manusia yang memiliki kompetensi dalam bidang keterampilan. Percayalah !!!.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here