Koperasi Jaya Mandiri Selenggarakan RAT & Peringati Ultahnya Yang Ke 8

0
206
RAT Koperasi Jaya Mandiri sekaligus drngan acara peringatan Ultahnya yang Ke 8 di gelar di Citra Grand Hotel Karawang

Laporan : Banuara Nadeak

Karawang, metronusantara.com – Koperasi Jaya Mandiri (KJM) Karawang, selenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Acara tersebut digelar di Citra Grand Hotel Karawang, sekaligus dengan memperingati Hari Jadinya Yang Ke 8, Senin (29/1).

Pada acara tersebut, Ketua KJM  Heston Simanullang mengatakan, kita dapat maju dan tumbuh dengan mandiri dalam mewujudkan ekonomi kerakyatan. Hal tersebut dibuktikan dengan perkembangan KJM dari tahun ke tahun.

Seperti pada tahun 2016 simpanan sukarela dan berjangka dari Rp.3.462.599.948. menjadi Rp.4.243.764.100 tahun 2017. Pinjaman Rp.13.260.925.000. th 2016 menjadi  24.235.975.000, dan pendapatan usaha  Rp.3.227.930.477. naik menjadi Rp.6.051.165.955.

Selanjutnya Heston mengatakan, beban kerja pada tahun 2018 sangat banyak. Untuk itu sangat dibutuhkan kerjasama dengan semua pihak. Untuk itu Heston mengajak, seluruh anggota KJM untuk merapatkan barisan dan bahu membahu demi pertumbuhan dan kemajuan KJM.

Heston mengingatkan, saat ini pertumbuhan koperasi sangat banyak. Demikian juga jumlah karyawan di perusahaan cukup banyak. Hal tersebut merupakan tantangan yang harus dijawab dengan kerja keras dan karya yang nyata. Hingga tantangan tersebut bisa jadi peluang dan KJM dapat bersaing secara sehat dan kompetitif.

“Sebagai pertanggung jawaban saya sebagai ketua, mari kita bahas bersama yaitu neraca,SHU, perubahan posisi modal, laporan arus Kas dan Penjelasan atas laporan keuangan berdasarkan musyawarah dan mufakat,” terang Heston.

Sementara Penasihat KJM Banuara mengatakan, melihat perkembangan KJM, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja pengurus dan anggota KJM.

Banuara berharap, momentum RAT dan Hari Jadi KJM dapat dijadikan wahana dan sarana untuk menumbuhkan kebersamaan dan kepercayaan  dalam mengembangkan etos kerja. Hingga akhirnya berdampak pada terhadap kinerja.

Banuara menegaskan, kinerja pengurus dan anggota KJM telah teruji. Hal ini dibuktikan dengan perkembangan modal yang signifikan. Dapat bersaing dengan koperasi lainnya yang ada di Karawang. Bahkan dengan beredarnya informasi dikalangan masyarakat tentang Surat Edaran Bupati yang akan menertibkan koperasi yang tidak punya ijin. Maka  KJM dan KMM menyatakan siap bersaing secara sehat.

Menurut keterangan, berdasarkan pengawasan dan pembinaan Dinas Koperasi Karawang, maka  KJM dan KMM terbilang cukup bagus. Selalu memenuhi ketentuan sesuai dengan aturan dan peraturan yang ditentukan pihak pemerinyah.

Selanjutnya dalam kapasitasnya sebagai panasehat, Banuara menyatakan, pihaknya akan selalu memperhatikan  pengembangan SDM. Termasuk seragam, kartu identitas dan buku anggota akan diberikan kepada setiap anggota.

Kepala Dinas Koperasi Karawang H.Asep mengatakan, RAT ini merupakan salah  satu kewajiban koperasi. Sementara di Karawang, baru 20 koperasi yang tepat waktu melaksanakan RAT pada Januari. Diharapkan, koperasi yang lainnya dapat melaksanakan  kewajibannya menggelar RAT tepat waktu.

Lebih lanjut Asep mengayakan, KJM dan KMM selalu melaksanakan RAT tepat waktu. Hal itu merupakan salah salah satu nilai tambah pada waktu pembinaan dan pengawasan terhadap koperasi di Karawang.

Asep berharap,  pada triwulan pertama KJM dan KMM dapat menerima penghargaan yang pemberian penghargaan disatukan pada HUT Koperasi Tingkat Provinsi ke 71 yang dipusatkan di Kabupaten Karawang.

“ Terkait Surat Edaran Bupati tentang penertiban koperasi yang tidak punya ijin, hendaknya disikapi secara positif,” imbuhnya dan sekaligus mengingatkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here