Konsumen Mengeluh, Belanja Di Minimarket Yang Sama, Harga Beda

0
153
belanja yang sama di gerai yang sama hanya beda tempat, harga jauh berbeda

Laporan : Rikkie Converse

Cianjur, metronusantara.com – Sepintas tidak ada yang aneh dalam dua lembar struk pembayarannya. Namun kejanggalan terlihat dari selisih harga yang jauh berbeda untuk produk yang sama dengan transaksi di hari yang sama dari gerai minimarket terkenal.

Siapa yang tidak kenal dengan Indomaret. Minimarket dari merk dagang perusahaan PT. Indomarco Prismatama  dengan jaringannya hingga ke seluruh pelosok Nusantara. Urusan manajemen sudah barang tentu dikuasainya. Karena gerai dengan jargon mudah dan hemat itu terus memanjakan konsumennya.

Fakta yang diungkap tim Metro Nusantara ternyata cukup mencengangkan.  Terkait produk Air Mineral 19 Liter (galon)  merek Aqua yang dijual sejumlah gerai Indomaret di Cianjur (23/01) yang rata-rata dijual dengan harga Rp. 17.500.

Namun ada salah satu gerai di Pasir Hayam menjual dengan harga terbilang tidak wajar. Karena beda jauh dengan yang lainnya. Yaitu Rp. 25.000 setiap galonnya. Jika dihitung selisihnya Rp. 7.500 dan praktek ini konon sudah berlangsung sejak 3 minggu lalu.

” Gak ngerti juga kalau harganya beda dengan yang lain tapi komplain kepada pusat sudah disampaikan. Jadi kita tetap jual dengan harga segitu aja karena ini di kantor pusat. Kalau untuk pemilik gerai ini kurang tau juga karena saya hanya pekerjaan,” ucap salah seorang karyawati Indomaret yang enggan disebutkan namanya.

Kondisi ini jelas cukup memprihatinkan. Karena konsumen sangat dirugikan apalagi jika sudah banyak yang dijual.  Perusahaan dituntut untuk menjelaskannya kepada publik agar hal serupa tidak terulang.

Sebagaimana disebutkan dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen bahwa setiap Konsumen itu berhak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa serta berhak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan.

Hamdan (40) warga Cilaku mengaku, ia kaget mengetahui harga Aqua galon isi ulang Rp. 25 ribu. Karena umumnya dibeli Rp. 17.500 setiap galonnya. Saking penasaran sudah dibeli hingga dua kali namun harga di Indomaret Pasir hayam tidak  berubah tentu saja cukup mengherankannya.

” Publik sebagai konsumen berhak tahu atas kejadian itu karena jelas dirugikan dan jangan sampai terjadi di tempat lain. Selisih harga itu kalau kena kebanyak orang tentu perusahaan harus mampu menjelaskannya, ” ungkapnya.

Dia menambahkan,  nilai sebesar itu tentu bukanlah kecil bagi masyarakat miskin.  Sehingga perusahaan harus menerapkan kehati-hati saat menjual produknya ke konsumen.

” Lho itukan perusahaan bonafide tapi masak iya bisa salah menentukan harga produk,” tegasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here