Ketua UPP Saber Pungli Lamandau Lakukan Sosialisasi di Kantor Samsat

0
31

Laporan : Sudirman

Lamandau, metronusantara.com – Ketua Unit Pemberantas Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Lamandau Kompol Imam Riyadi, melakukan sosialisasi tentang Pungli ke petugas Samsat di loket 1 dan 2. Timsosialisasi terdiri dari personel Polri Satuan Lalu Lintas dan Aparatur Sipil Negara Dispenda Kabupaten Lamandau. Kamis (30/11) pukul 08.00 WIB.

Ada pun materi yang disampaikan terkait dengan sistem pelayanan pada Kantor Samsat yang mempedomani Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Karena hal itu berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia serta memberikan sosialisasi tentang tugas dan tanggung jawab UPP Saber Pungli.

Selain memberikan sosialisasi tentang tugas dan tanggung jawab UPP Saber Pungli,  Kompol Imam Riyadi juga menekankan agar tidak ada lagi terjadi praktek pungli. Khususnya dilingkup pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Lamandau. Mengingat bahwa Polri adalah pelopor tertib sosial di ruang publik.

Hal ini disampaikan sebagai peringatan bagi penyelenggara pelayanan publik yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Imam juga meminta agar tarif penerimaan PNBP dapat diperlihatkan di ruang pelayanan. Baik menggunakan Baner maupun Spanduk agar masyarakat dapat mengetahui kewajibannya sesuai dengan PP no 60 tahun 2016, tentang PNBP guna memantau seluruh lini pelayanan di Kantor Samsat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here