Kemacetan Panjang Terjadi Di Jalan Cibeber-Campaka Saat Pawai Taruf MTQ

0
76
Kemacetan yang cukup panjang terjadi di jalan Cibeber-Campaka saat pelaksanaan Pawai Taaruf MTQ tingkat Kabupaten Cianjur

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantara.com – Dampak ditutupnya jalan protokol Cibeber-Campaka sepanjang 5 kilometer saat Pawai Taruf Musabaqoh Tilawayil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Cianjur dari Desa Mayak hingga alun-alun Cibeber, kemacetan terjadi di sepanjang jalan Campaka-Cibeber dan sebaliknya. Apalagi penutupan jalan tersebut dilakukan petugas sejak pukul 06.00 WIB. Hingga membuat kemacetan total di sepanjang jalur rekayasa pengalihan lalu lintas antara Desa Cisalak hingga Mayak sepanjang 4 kilometer.
Pasalnya, meningkatnya volume kendaraan roda dua maupun roda empat dari dua arah. Yakni Cianjur menuju Campaka dan arah Campaka menuju Cianjur disatu arahkan. Selain itu, puluhan penumpang angkutan umum (Angkum) Cibeberan berwarna putih banyak terlantar. Sehingga mereka harus berjam-jam menunggu antrean kendaraan, Senin (19/2) kemarin.

Salah seorang pengendara Toyota Avanza Ahmad Rifai (38) warga Cibinong Cianjur Selatan yang membawa rombongan hendak ke Bandara Soekarno Hatta Jakarta, menyayangkan atas pengalihan jalur rekayasa tersebut. Pasalnya, pengalihan jalur tersebut malah membuat kemacetan total hingga para pengendara harus menunggu berjam-jam.
” Ya mau gimana lagi, kalau sudah terjebak seperti ini mau tidak mau kami harus lewat jalur ini walaupun macet total,” kata Ahmad, saat ditanya di lokasi kemacetan, Senin (19/2) kemarin.

Ahmad berharap, untuk kedepannya kalau ada acara  seperti ini jangan sampai mengganggu pengguna jalan umum. Karena semua orang punya keperluan masing-masing.

” Seharusnya jalur tersebut tidak usah ditutup atau dialihkan, mungkin bisa dipakai setengah bahu jalan buat pengendara, yang kasihannya para pengendara jadi kejebak macet, apalagi yang ngejar waktu,” keluhnya.
Selain itu, Imas (38) penumpang yang setiap harinya menggunakan jasa angkutan umum Cibeber mengaku, dirinya sudah satu jam dari pukul 07.00- 08.00 WIB menunggu angkutan tak kunjung datang.
” Saya sudah satu jam disini nunggu angkutan belum juga datang mungkin kejebak macet dan bukan hanya saya saja banyak penumpang lain yang hendak ke Cianjur menggunakan angkutan tersebut,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Cibeber Ali Akbar mengatakan, pihaknya meminta maaf kepada seluruh masyarakat Cibeber dan para pengguna jalan baik pengendara roda dua maupun roda empat atas ketidaknyamanan saat penutupan jalan dari alun-alun Cibeber hingga Desa Mayak.

” Kami dari jauh-jauh hari sudah sosialisasikan, saat pawai taruf MTQ tingkat Kabupaten Cianjur ke 44, jalur tersebut sepanjang 5 kilometer ditutup dimulai dari pukul. 06.00- 13.00 WIB,” kata Ali Akbar, saat ditemui diruangannya, Senin (19/2) kemarin.

Ali Akbar mengatakan, pasca penutupan jalur tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan petugas setempat untuk pengalihan sementara saat pawai taruf berlangsung.

” Saya akui memang ada beberapa kekurangan dalam persiapan MTQ ini, terlebih pengalihan jalur yang belum maksimal, pasalnya kami disini baru beberapa minggu jadi kesiapannya sangat terbatas. Namun hal itu akan menjadi bahan evaluasi untuk kedepan, kalau ada acara serupa seperti sekarang ini,” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here