Jardes Menilai Pekerjaan DD Yang Dikerjakan Pihak Ketiga Terkesan Asal-Asalan

0
165
Ketua Jardes & Tim Advokasi sedang mengkaji aduan dari masyarakat terkait dugaan bocornya anggaran Dana Desa

Laporan : Aldan

Cianjur, metronusantara.com  – Pekerjaan yang didanai dari Dana Desa (DD) di Kabupaten Cianjur Jawa Barat, dinilai masih kurang transparan. Selain itu masih banyak proyek DD yang dikerjakan pihak ketiga. Akibatnya, kualitas pekerjaannya tidak maksimal dan terkesan asal-asalan.

Ketua Presedium Jaringan Desa (Jardes) Kabupaten Cianjur Pendi Yudha mengatakan, pihaknya mendapat beberapa sumber  temuan dari  masyarakat terkait pekerjaan pembangunan DD yang dinilai masih kurang transpran.

” Sesuai aduan dari masyarakat, Jardes dua minggu belakangan ini telah melakukan monitoroing ke beberapa desa yang diduga pengerjaannya dipihak ketigakan,” ujar Pendi, Minggu (10/11) saat ditemui di kantornya, Jalan Raya Cibeber Pasir Sembung Cianjur.

Menurur dia, tim monitoring dan evaluasi (monev) Jardes ada beberapa desa khususnya di Cianjur Selatan masih saja terjadi pengerjaan DD  dipihak ketigakan (pemborong).

” Bahkan, pihak ketiganya pun luar dari kota Cianjur. Itu sudah menyalahi aturan sasuai dengan UU No.6 tahun 2014 pengerjaan dana desa harus diswakelolakan,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan banyaknya temuan tersebut, pihaknya akan melakukan monitoring dan evaluasi program ke setiap desa yang mendapat DD anggaran tahun 2017, agar tidak terjadi kebocoran anggaran.

” Dengan banyaknya temuan-temuan tersebut, Jardes akan berkoordinasi dengan intansi terkait, khususnya Kementerian Desa,” ucapnya.

Tim Divisi Hukum Jardes Eddy Haryanto,SH menambahkan, jika ada aduan dari masyarakat terkait dugaan kebocoran anggaran dana desa, pihaknya akan melakukan pelaporan ke pihak berwajib khususnya tipikor.

” Anggaran dana desa, masyarakat punya kewenangan untuk memgawasi. Dan jika ada kebocoran anggaran dana desa maka tim advokasi hukum Jardes akan mengawalnya,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here