Info Buat Bupati Cianjur, Rumah Milik Pasutri Otim & Dedo Nyaris Ambruk

0
285
Disinilah Otim dan keluarganya tinggal

Laporan : Sam

Cianjur, metronusantara.com – Sungguh memprihatinkan melihat kehidupan pasangan suami istri (pasutri) Otim (40) dengan Dedo (35) warga Kampung Pasir Cikur  RT 03/04 Desa Nanggalamekar Kecamatan Ciranjang Cianjur Jawa Barat. Betapa tidak, sudah hidup seadanya, pasutri ini tinggal di rumah panggung  ukuran 4X3 meter yang nyaris ambruk. Rumahnya sudah   miring ke depan  dan lapuk dimakan usia.

Rumah tidak layak huni seluas itu, tak memiliki kamar  satu pun dan dihuni dua orang suami istri dan 5 orang anaknya. Hingga saat istirahan di malam hari, seluruhnya tidur di tengah rumah.

Saat musim hujan  seperti sekarang,  utamanya ketika keluarga saat tidur, rasa wawas dan riskan terus mengantuinya. Karena  bangunan rumahnya taktut ambruk. Pasalnya, selain sudah lapuk, reyot juga miring  ke depan  dan tanah pondasinya terus terkikis air hujan.

Otim bukan tidak ingin diperbaikinya. Namun kondosi sosial ekonomi pasutri ini tidak mendukung. Otim hanya sebagai usaha serabutan. Kadang menjadi kernet angkot, itu pun bila ada yang memerlukannya.

Otim menerangkan, rumah panggung ukuran 4X3 meter tanpa kamar  itu berdiri dilahan milik orang tuanya. Dibangun sekitar tahun 1998 dan hingga kini belum pernah diperbaikinya. Semua itu karena faktor ekonomi yang tidak menunjang.

Otim mengaku, dirinya bekerja hanya sebagi seorang kernet angkot. Itu pun bila seorang sopir membutuhkannya. Sedangkan yang harus dinafakahinya sebanyak 7 orang dengan dirinya sendiri. Jadi jangankan untuk memperbaiiku rumah untuk makan sehari hari juga sudah kesulitan.

Karena itu Otim berharap, ada dermawan yang terketuk hatinya hingga mau membantu meringankan beban pemderitaannya.

Sementara itu, Babinmas Desa Nanggalamekar Bripka Irfan Firmansyah membenarkan, adanya rumah warga desa binaannya yang nyaris akan ambruk karena sudah lapuk juga miring ke depan.

Keluarga pasutri Otim dan Dedo tergolong keluarga yang kurang beruntung. Hingga tak mampu untuk merenovasi rumah panggungnya, Maka dengan adanya itu pihaknya bersama Pemerintahan Desa Nanggalamekar,  sudah berencana akan merenovasi rumah tersebut, tapi semua itu akan dibiayai dari hasil swadaya masyarakar.

Selain itu pihaknya, memohon kepada seluruh dermawan agar sudi kiranya mengulurkan tangan, untuk membantu membangun rumah keluarga Otim. “ Supaya Keluarga Otim bisa tinggal di rumah yang layak huni tidak selalu dihantui rasa ketakutan rumahnya ambruk,” kata Irfan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here