Hujan deras & Angin Kencang,  Membuat Petani  Merugi

0
20

Laporan : Aldan

Cianjur,metronusantara.com – Hujan deras dan disertai angin kencang, yang terjadi belakangan ini,membuat  sejumlah petani di Kecamatan Gekbrong,Cianjur,Jawa Barat   terancam gagal panen yang berdampak merugi. Pasalnya, banyak tanaman padi yang sudah mulai berisi patah bagian batangnya hingga mengalami ambruk.Hal itu terjadi, tentu akan berpengaruh  pada kualitas,sehingga harga gabah jatuh

“Kalau batang padi patah dan ambruk pasti akibatnya akan berdampak pada kulitas,sehingga harganya akan jatuh. Kalau sudah begitu, petani dipastikan akan rugi,” ujar Cece (30) petani di Desa Cikancana, Kecamatan Gekbrong .(5 Desember 2017).

Menurutnya, rusaknya   tanaman padi yang terkena terjangan hujan dan angin kencang  bukan miliknya saja,namun masih banyak tanaman padi milik petani lainnya yang juga ikut rusak,sehingga mengalami busuk karena genangan air.

“Bila melihat  banyak tanaman yang sudah seperti itu akibat hujan deras yang disertai angin kencang, balik modal juga sudah untung,” katanya.

Ia mengatakan, tanaman padi miliknya sudah siap dipanen .Tapi melihat kondisi padi tersebut membuat dirinya putus asa.Karena tanaman padinya rusak parah.

“Kondisi seperti ini sering terjadi saat hujan lebat yang disertai angin kencang  ,” terangnya.

Cece mengaku tidak bisa  berbuat banyak setelah melihat  tanaman padinya rusak

“Mau  diapakan lagi, mau diikat pakai tali gak bisa, agar dapat berdiri.Jadi cuman bisa pasrah saja,”keluhnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here