Himpaudi Haurwangi Gelar Diklat Berjenjang GTK PAUD Tingkat Dasar

0
86
Diklat Berjenjang GTK bagi guru PAUD digelar Himpaudi Kec. Haurwangi

Laporan : Sam AS

Cianjur, metronusantara.com – Sedikitnya 69 Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Haurwangi, mengikuti Diklat Berjenjang GTK PAUD Tingkat Dasar. Kegiatan tersebut dipusatkan di aula Desa Kertamukti Kecamatan Haurwangi.

Menurut  keterangan, Diklat berjenjang tersebut, akan dilaksanakan selama 6 hari. Mulai Jumat (30/03), Sabtu, Minggu dan diteruskan Jumat, Sabtu dan pekan depan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan PAUD.

Ketua Himpsudi Kecamatan Haurwagi, Ai Mulyanengsih mengatakan, diklat berjenjang GTK PAUD diikuti 69 peserta guru dan Bunda PAUD yang datang dari Kecamatan Haurwangi dan Kecamatan Ciranjang. Selain itu pihak panitia mengundang narasumber Provaider PAUD tingkat Kabupaten Cianjur.

Ai menegaskan, Diklat berjenjang tersebut, tiada lain untukk mengingkatkan kapasitas dan kualitas pendidikan PAUD. Karena masih banyak guru PAUD yang bukan berasal dari sarjana jurusan PAUD. Hingga perlu untuk dilaksanakan Diklat. Karena siswa PAUD sangat membutuhkan guru yang paham akan karakter siswa yang notabene sifatnya meniru adegan guru pendidiknya. Maka melaksanakan kegiatan belajarnya menggunakan sistem permainan.

Selain itu, inisiatif melaksanakan Diklat GTK PAUD berjenjang dengan menggunakan anggaran swadaya dari peserta. Yaitu Rp 300 ribu per pesertanya, untuk  selama 6 hari.

Biaya tersebut dipergunakan untuk snack, makan, sertifikat, biaya narasumber dan biaya akomodasi lainnya. Ai menyakini, seluruh PAUD yang ada di Kecamatan Haurwangi dan PAUD Kecamatan Ciranjang, akan lebih maju dan berkualitas.

Sementara itu, Bunda PAUD Desa Kertamukti, Rina Agustina menambahkan, seluruh PAUD yang ada di Desa Kertamumti sebanyak 7 PAUD, seluruh gurunya diikut sertakan mengikuti Diklat berjenjang GTK PAUD tingkat dasar selama 6 hari yang sekarang dilaksanakan dengan biaya sendiri. Selain itu pihaknya mengharapkan, Diklat berjenjang GTK PAUD dianggarkan dari APBDes atau sumber dana lainnya.

Selanjutnya Rina mengatakan, Diklat sekarangan itu merupakan suatu kesempatan bagi seluruh guru PAUD. Karena kalau menunggu Diklat dengan biaya program pemerintah itu waktunya belum jelas hingga terkesan cukup lama.

“ karena itu, kami percaya, PAUD di Desa Kertamumti kedepanya akan lebih maju dan berkualitas,” tutur Rina.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here